Uncategorized

Osechi Ryouri “Makanan Hari Raya” Orang Jepang

Di Jepang pergantian tahun termasuk hari yang sangat spesial. Orang Jepang menyebut perayaan tahun baru sebagai 「お正月」‘oshougatsu’. Saking spesialnya mereka punya makanan khusus yang hanya dimakan di tahun baru.

Hidangan 「お正月」“oshougatsu ini disebut
お節料理」“osechi ryouri”

Osechi ryouri sendiri awal mulanya bukan hanya makanan yang disantap di tahun baru saja tapi juga setiap 「五節句」‘gosekku/gosechiku’ atau ‘perayaan lima musim’. Tradisi ini sudah ada sejak periode Nara (8-10 abad yang lalu). Namun, di zaman Edo banyak rakyat jelata yang hanya bisa merayakan ini satu kali yaitu setiap tahun baru.

Osechi ryouri ini terdiri dari berbagai macam makanan yang memiliki makna dan harapan baik di tahun baru.

1. Kazunoko (数の子)

Kazunoko terbuat dari telur ikan hering yang diasinkan. Jumlah telur ini sangat banyak sehingga makanan ini sebagai harapan mendapatkan keturunan yang banyak dan diberkati.

2. Kuromame (黒まめ)

Dalam bahasa Jepang kata yang disebut ‘mame’ ada dua arti yaitu 「豆」(kacang) atau 「まめ」(bekerja keras). Makanan ini memiliki makna yang baik sehingga dijadikan makanan tahun baru. Harapannya di tahun baru ini bisa bersungguh-sungguh dan bekerja keras.

3. Tazukuri (田作り)

Masakan ini terbuat dari ikan sarden kecil yang dikeringkan dengan shoyu (kecap asin jepang) dan gula. Harapan dari makanan ini adalah untuk mendapatkan hasil panen yang berlimpah.

4. Kurikinton (栗きんとん)

Makanan ini terbuat dari kuri atau kacang kastanye. Warna kuningnya terlihat seperti warna emas. Harapan dari makanan ini adalah untuk mendapat rezeki harta yang melimpah.

5. Kobumaki (昆布巻き)

Makanan ini dipilih jadi makanan tahun baru karena makanan ini terbuat yaitu 「昆布」‘kobu’ dekat dengan kata yang memiliki arti baik,「喜ぶ」‘yorokobu’ yang artinya bahagia. Selain terbuat dari kobu, makanan ini terbuat dari ikan hering, ikan yang punya telur banyak, sehingga makanan ini memiliki makna dikarunia anak yang banyak dan kebahagian yang melimpah.

6. Datemaki (伊達巻)

Datemaki adalah telur gulung dengan campuran ikan yang dimasak menggunakan teflon atau oven. Tekstur rasanya seperti makan kue sponge dengan rasa ikan daan telur. Makanan ini diambil dari kata 「伊達」‘date’ yang memiliki arti menarik dan elegan, sehingga makanan ini memiliki makna agar mendapatkan sesuatu yang dibanggakan.

7. Kohaku Kamaboko (紅白かまぼこ)

Kamaboko terbuat dari ikan giling yang dikukus. Warna kamaboko di dalam osechi ryouri berwarna merah dan putih identik dengan warna perayaan. Bentuk kmaboko yang seperti matahari terbit membuat makanan ini memiliki makna menyambut hari baru.

8. Ebi (海老)

Bentuk udang yang melengkung diangap memiliki makna umur yang panjang, karena manusia jika semakin tua badan akan semakin membungkung seperti bentuk yang diperlihatkan udang. Harapannya lewat makanan ini akan berumur panjang dan sehat.

9. Kohaku Namasu (紅白なます)

Kohaku namasu adalah acar yang terbuat dari lobak dan wortel yang diiris tipis. Makna dari makanan ini adalah rasa syukur dan kedamaian di dalam rumah tangga. Selain itu makanan ini baik untuk kesehatan pencernaan dan menghilangkan rasa lelah.

Makanan tahun baru disantap selama 5-7 hari sejak tanggal 1 Januari (元旦-gantan). Makanan ini disantap di suhu dingin tanpa dipanaskan dan memiliki rasa yang unik.
Bisa dicoba jika mina-san sedang berada di Jepang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.