Budaya Kerja,  Karir Jepang

‘KAIZEN’ Prinsip Kerja ala Jepang

kerja jepang kaizen

Bagi yang sedang atau pernah bekerja di perusahaan Jepang pasti sering mendengar kata ‘kaizen’. Bagi yang belum pernah mendengar dan berencana bekerja di perusahaan Jepang sebaiknya tahu arti kata ini.

Kaizen ini menjadi prinsip yang pasti diterapkan di perusahaan Jepang. Kaizen memiliki arti harfiah perbaikan atau improvement. Berasal dari perpaduan dua buah kanji yaitu, 「改」 dibaca ‘kai’ yang memiliki makna ‘perubahan’ serta ‘memperbaharui’ dan 「善」dibaca ‘zen’ yang memiliki makna ‘kebaikan’. Dengan kata lain bisa diartikan dengan perubahan terus-menerus ke arah yang lebih baik.

Prinsip kerja ala Jepang ini adalah seluruh proses dan kegiatan operasional pekerjaan yang jika ada kekurangan diperbaiki dengan melakukan perubahan (improvement) melalui ide-ide inovatif yang dilakukan secara berkesinambungan (continuous improvement) dalam jangka waktu sesingkat-singkatnya.

Baca Juga: Kosakata Jabatan Perusahaan dalam Bahasa Jepang

Misalnya, di sebuah perusahaan harus membayar tagihan listrik 10 juta rupiah. Melihat tagihan listrik yang cukup membebani, perusahaan mencari jalan bagaimana bisa menurunkan beban tagihan (cost) tanpa harus mengurangi penggunaan lampu. Setelah dipikirkan dengan seksama, perusahaan memutuskan untuk menggunakan lampu LED, lampu yang memiliki masa pemakaian yang lebih lama sekitar 15.000-50.000 jam dibandingkan dengan lampu yang saat ini dipakai, yaitu lampu neon yang hanya memiliki masa pemakaian 10.000 jam. Alhasil tagihan listrik turun menjadi 8 juta rupiah.

Kasus lain, ada sekretaris di sebuah perusahaan yang harus membuat jadwal para manajer dari berbagai bidang secara manual memakai aplikasi pengolah data excel. Ternyata para manajer sering melakukan perubahan mendadak sehingga sekretaris harus merevisi jadwal yang sudah di-input dan mengirim jadwal terbaru ke para manajer. Bayangkan repotnya si sekretaris. Lalu, bagaimana caranya agar pekerjaan sekretaris bisa lebih mudah?

Saat ini sudah ada aplikasi praktis untuk penjadwalan seperti Google Calendar yang mana jika ada perubahan jadwal, otomatis ada notifikasi perubahan jadwal kepada semua manajer tanpa sekretaris harus mengirim pemberitahuan berulang kali. Pekerjaan sekretaris menjadi lebih efisien, mengurangi beban dan menghemat banyak waktu. Perubahan ini pun adalah kaizen.

Kaizen ini sangat penting bagi kesuksesan dan efisiensi perusahaan maupun pegawai. Seperti contoh di atas, kegiatan yang akan membawa kerugian lebih besar akan bisa ditekan dengan adanya kaizen.

Sekedar info! Perusahaan otomotif besar, sukses, dan ternama asal Jepang, yaitu Toyota memakai prinsip ini dan menjadikannya sebagai filosofi perusahaan.

Segitu pentingnya sampai dijadikan filosofi perusahaan ya! Tidak heran Toyota menjadi perusahaan sukses dan bisa menggeser merk mobil Eropa di pasar otomotif.

Penggunaan kata Kaizen「改善」

Kaizen pada umumnya dipakai bersamaan dengan kata yang berhubungan dengan tindakan (行動-koudou), tujuan (目的-mokuteki), dan hal yang berbau abstrak (抽象的-chuushouteki).

Misal,
・環境を改善する (kankyou wo kaizensuru) = memperbaiki lingkungan
・業務を改善する (gyoumu wo kaizensuru) = memperbaiki bisnis

Selain itu ada kata lain dalam dunia bisnis Jepang yang sering dipakai bersamaan dengan kata 「改善」‘kaizen’,

  • 改善の余地がある (kaizen no yochi ga aru) = masih ada bagian yang belum diperbaiki (hal yang masih harus diperbaiki)
  • 改善の見込み (kaizen no mikomi) = tergantung hasil nanti apakah membawa perbaikan atau tidak
  • 改善が期待できる (kaizen ga kitai dekiru) = perbaikan yang bisa diharapkan hasilnya
  • 改善が見られる (kaizen ga mirareru) = perbaikan yang akan terlihat
  • 改善すべき点を洗い出す (kaizen subeki ten wo araidasu) = poin yang harus diperbaiki terlihat
  • 改善の見通しを立てる (kaizen no mitooshi wo tateru) = Hasil dari perbaikan terlihat

Perlu diingat, kata kaizen selalu muncul dan digunakan ketika ada kondisi dimana harus membahas masalah, penyebab, dan solusi.

Persamaan kata「改善」

Kaizen punya persamaan arti dengan kata 「改良」dibaca ‘kairyou’ dan 「是正」dibaca ‘zesei’. Hanya sedikit perbedaan pada penggunaan objek.

Perbedaan pada「改良」‘kairyou’ digunakan untuk mesin, alat, dan semua yang berbau benda mati (material).

Pada「是正」‘zesei’ digunakan untuk aturan dan semua yang berbau hukum. Sedikit bedanya lagi kata「是正」‘zesei’ lebih menunjukan situasi buruk dan salah, sedangkan untuk「改善」‘kaizen’ kondisinya kadang tidak selamanya buruk. Ada situasi dimana sudah baik tapi perlu diperbaiki untuk lebih dan lebih baik lagi.

Lawan kata「改善」

「改善」‘kaizen’ memiliki lawan kata, yaitu 「改悪」dibaca ‘kaiaku’ dan 「悪化」dibaca ‘akka’ yang keduanya memiliki arti perubahan ke arah yang buruk.

「改善」‘KAIZEN’

adalah sebuah kata penting yang sebaiknya dipahami bagi siapapun yang akan bekerja di Jepang atau di perusahaan Jepang. Pemahaman penggunaan kata ini juga bermanfaat bagi kalian ingin meningkatkan kemampuan bahasa Jepang bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.