Culture

Halloween di Jepang

Minasan semua tau kan kalau 31 Oktober itu berarti halloween. Di Indonesia, halloween umumnya tidak dirayakan, tapi di Jepang halloween (ハロウィン / harowin) beberapa tahun belakangan mulai ramai dirayakan di banyak kota.

Kita tengok gimana sih ハロウィン di Jepang dirayakan. Cek artikel berikut.

コロナ下の渋谷ハロウィーン、若者らで混雑も仮装控えめ DJポリスも投入 - サンスポ

Memakai kostum 仮装する (kasou suru)

Merayakan halloween di Jepang sedikit berbeda dari perayaan yang dilakukan di Amerika yang mana banyak memakai pakaian seram dan identik dengan acara anak kecil memakai kostum dan meminta permen ke rumah-rumah. Di Jepang perayaan halloween gak terbatas memakai pakaian seram, boleh berkostum lucu, cantik, dan keren. Lebih tepatnya dirayakan dengan cosplay berbagai karakter.

Halloween sendiri bagi orang Jepang, adalah hari yang dianggap sebagai hari cosplay (コスプレ). Shibuya juga menjadi tempat yang identik untuk merayakan halloween versi Jepang. Sebelum pandemi corona, Shibuya menjadi tempat yang sangat ramai. Bukan hanya banyak orang yang cosplay. Banyak juga turis yang datang untuk berfoto bersama karakter favoritnya.

Bahkan saat pandemi corona 2020 pun Shibuya masih menjadi tempat ramai orang datang untuk cosplay dan berjalan-jalan.

Halloween tahun 2021 ini juga ramai meskipun masih dalam situasi pandemi. Orang-orang yang memakai kostum sudah ramai sejak Jumat (29 Oktober 2021) petang dan sangat ramai saat malam minggu tanggal 30 Oktober.

Halloween ini dimanfaatkan orang Jepang untuk mengekspresikan diri bergembira menjadi karakter yang biasanya sulit ditunjukkan di hari-hari biasa. Bahkan orang Jepang yang malu-malu pun memanfaatkan momentum ini untuk menggunakan kostum dan berinteraksi dengan orang banyak yang tak dikenal.

Selain di Shibuya, perayaan halloween di kota besar biasanya diadakan di tempat nongkrong anak muda. Seperti Osaka, banyak yang memakai kostum dan berjalan-jalan di daerah Shinsaibashi, Amerika-mura, Namba dan Nipponbashi.

Gimana minasan? Kalau di Jepang tertarik datang ke spot tempat perayaan halloween dan coba pakai kostum? Meskipun gak ikut pakai kostum dan akan banyak banget orang tapi seru gak sih bisa foto bareng karakter favorit?

Sampai jumpa di artikel selanjutnya! ハッピーハロウィン!💀

https://jpnculture.net/halloween/

https://livejapan.com/ja/article-a0003709/

Leave a Reply

Your email address will not be published.