Bahasa Jepang Bisnis,  Culture

Budaya「上下関係」’Jouge Kankei’ Atasan dan Bawahan di Jepang

Tahukah kalian ternyata Jepang memiliki budaya atasan「上司」(joushi) dan bawahan「部下」(buka) yang cukup mengakar. Hubungan ini dikenal sebagai「上下関係」(jouge kankei). Hubungan ini akan kalian temui di dalam dunia kerja Jepang dan akan mempengaruhi bahasa yang harus dipakai. Lalu seperti apakah hubungan seperti ini di Jepang bisa cek penjelasan berikut ya.

Photo by Dimitry B on Unsplash

1. Hubungan 上下関係 (jouge kankei) sejak dari sekolah

Orang Jepang mengalami hubungan atasan bawahan sejak dari sekolah. Hubungan ini akan jelas dilakukan pada kegiatan ekskul atau disebut 部活 (bukatsu). Pada bukatsu orang yang lebih dahulu masuk bukatsu disebut 先輩 (senpai) senior dan orang yang lebih baru bergabung disebut 後輩 (kouhai) junior.

2. Alasan 上下関係 (jouge kankei)

Alasan yang menjadikan seseorang itu adalah senpai atau kohai yaitu umur dan pengalaman. Orang yang lebih tua dianggap memiliki lebih banyak pengalaman hidup. Ada beberapa situasi terkadang seorang senpai adalah bukan sesorang yang umurnya lebih dari kita melainkan seseorang yang sudah lama terjun di sebuah bidang /perusahaan. Kita menghargainya sebagai senpai yang memiliki pengalaman lebih lama.

3. Peran 先輩 (senpai)

  • Orang yang membimbing dan memberikan ilmu
    Terutama dalam lingkungan kerja seorang senpai adalah seseorang yang bertanggung jawab memberikan bimbingan dan transfer ilmu. Mereka lebih lama bekerja di perusahaan sehingga mengetahui seluk belum sistem, cara kerja, dan budaya perusahaan. Selain itu mereka telah terlebih dahulu menghadapi masalah di perusahaan, jadi memberikan bantyuan saran dan masukan adalah hal yang sebaiknya dilalkukan oleh seorang senpai.
  • Orang yang mengayomi kouhai-nya
    Seorang senpai memiliki peran untuk mengayomi kohai. Tidak jarang demi untuk mengayomi kouhai, para senpai menjadi tempat berkonsultasi. Selain itu senpai juga menjadi seseorang yang memberikan dukungan kepada kouhai. Tidak jarang hingga membantu keuangan kouhai. Meski terlalu berlebihan di Jepang mentraktir kouhai adalah hal yang wajar.

4. Peran 後輩 (kouhai)

  • Sebisa mungkin membantu senpai
    Karena senpai telah memberikan ilmu dan bimbingan yang membantu kita saat bekerja, bahkan membantu kita bahkan diluar urusan pekerjaan. Tanpa paksaan sebagai kouhai sebisa mungkin membantu senpai dari hal yang ringan.
  • Membalas kebaikan senpai
    Jika apa yang telah dilakukan senpai pada kita ternyata membuahkan hasil baik dalam pekerjaan maupun kehidupan kita, sebaiknya kita membalas budi senpai dalam bentuk nyata.
  • Melakukan hal yang sama pada kohai-nya nanti
    Saat kita menjadi senpai kita sebaiknya melakukan hal yang sama pada kouhai yaitu memberi bimbingan, ilmu, dan kebaikan pada kouhai berikutnya.

Itulah penjelasan tentang 上下関係 (jouge kankei) Bagi kalian yang sudah bekerja di Jepang pasti pemandangan jouge kankei ini terasa. Kita sebagai orang asing mungkin dimaklumi oleh orang Jepang jika tidak mengerti tentang konsep ini. Namun, alangkah baiknya untuk memahami konsep ini sehingga hubungan komunikasi dengan orang Jepang di tempat kerja jadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.