Budaya Kerja,  Karir Jepang

Acara Perusahaan Jepang Dalam Setahun

Ada banyak deretan acara yang menjadi kebiaasan yang dilakukan dalam perusahaan Jepang. Bagia kalian yang punya rencana bekerja di Jepang sebaiknya mengetahui kosakata ini ya.

Photo by Yutacar on Unsplash

新年会 (shinnenkai)

Pesta menyambut tahun baru adalah kegiatan yang sudah pasti dilakukan di hampir semua perusahaan Jepang. Pesta ini dilakukan biasanya diadakan di bulan Januari sampai pertengahan Februari.

賀詞交歓会 (gashi koukankai)

Sering ditulis juga 賀詞交換会 (gashi koukankai). Pesta penyambutan tahun baru yang dilakukan dengan mengundang orang dalam maupun luar perusahaan seperti perusahaan rekanan. Tidak semua perusahaan mengadakan acara ini.

社内成人式 (shanai seijinshiki)

Di minggu kedua bulan Februari Jepang memiliki hari untuk mengadakan upacara menyambut kedewasaan yang disebut 成人式 (seijinshiki). Jika di dalam perusahaan ada pegawai muda yang baru memasuki umur 20 tahun, biasanya perusahaan akan mengadakan upacara kedewasaan di dalam perusahan.

バレンタインデー (barentain dee)

Valentine day (14 Februari) adalah salah satu acara yang terkadang dirayakan juga di dalam perusahaan. Meski hampir kebanyakan perusahaan tidak merayakannya. Di hari ini paraa pegawai perempuan memberi coklat pada pegawai lelaki baik menggunakan uang pribadi langsung ataupun menggunakan uang patungan semua pegawai perempuan.

ホワイトデー (howaito dee)

White day (14 Maret) adalah hari dimana para lelaki membalas coklat pemberian dari perempuan. Jika di perusahaan para pegawai lelaki memberikan coklat kepada pegawai perempuan.

送別会 (soubetsukai)

Acara perpisahan dengan pegawai lama yang berhenti atau dipindahkan tempat kerja. Biasanya sering diadakan di bulan Maret.

歓迎会 (kangeikai)

Pesta penyambutan pegawai baru. Biasanya sering diadakan setiap ada pegawai baru yang datang.

株主総会 (kabunushi soukai)

Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan rapat umum tahunan. Jika di daerah 関東 (Kantou) biasanya diadakan di bulan Maret dan Juni sedangkan di daerah 関西 (Kansai) di bulan Desember.

入社式 (nyuusha shiki)

Diadakan setiap awal bulan April untuk menyambut para pegawai baru.

花見 (hanami)

Acara menikmati bunga sakura juga sering diadakan di dalam perusahaan. Diadakan sesuai kapan sakura mekar atau disesuaikan dengan kondisi kesibukan perusahaan. Terkadang hanami tidak dilakukan outdoor melainkan dilakukan indoor dengan dekorasi atau menu berbau sakura.

忘年会 (bounenkai)

Upacara akhir tahun. Acara ini diadakan untuk melepas stress bekerja selama setahun dan untuk mempererat hubungan pegawai.

Itulah kegiatan yang biasanya diadakan di dalam perusahaan Jepang. Semoga pengetahuan ini membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.