News,  Travel

GJUI 30 TAHUN INI EMANG WORTH IT? TAHUN DEPAN DATENG GAK YA?

JLPT.ai 8

MINASAN OHAYOU, KONNICHIWA, KONBANWA…

Pandaikotoba baru banget nih ikutan acara GJUI 30 nih, banyak banget hal hal yang menarik loh di sana, di artikel kali ini pandaikotoba mau ngasih cerita seru dari H-1 sampai H-3. Tapi sebelum itu pandaikotoba mau pantun dulu (笑).

“pergi ke bogor beli boba

pulangnya ke rumah bu dewi

apa kabar temen pandaikotoba?

kemaren dateng gak ke GJUI?”

WhatsApp Image 2024 08 12 at 22.11.18 1

GJUI 30: Gelar Jepang UI 30

Pada kegiatan GJUI tahun ini pandaikotoba mendatangi kegiatan GJUI 30 full day dari Day 1 sampai Day 3. Kegiatan tersebut meliputi :

DAY 1

10.00 OPEN GATE
10.10 Opening Ceremony
10.30 Peek into: Nihon Bungaku Senkou
13.00 Cerdas Cermat
13.00 Nihongo Shiken
13.00 TCG Pokemon
15.00 Anime Quiz
15.00 Workshop Japanese Class
16.00 Nihon E Manabimashou
18.00 CLOSE GATE

DAY 2

10.00 OPEN GATE
10.30 Band Competition
10.30 Seiyuu Seminar
12.00 Eating Competition
13.00 Karaoke Competition
13.00 Comic Workshop
13.00 Press Conference for ASOBI DOUMEI
15.00 Meet and Greet ASOBI DOUMEI
15.00 Coswalk Competition
16.00 Seminar Bedah Manga
17.00 Anime wo Miyou
18.00 CLOSE GATE

DAY 3

10.00 OPEN GATE
10.40 Aikido
11.30 Iaido
11.55 Break
12.45 Karaoke Comp. Winner
13.15 Band Competition Winner
13.55 Showcase Creator by BStation
14.45 Temabetsu
15.10 Henohenomoheji
15.50 HEREUS
16.40 Yori
17.10 Break
18.20 U-maku Eisa Shinka
19.00 CLOSE GATE
19.00 ASOBI DOUMEI
19.50 Limocat
20.25 Shojo Complex
21.00 Rokurokuroku
21.35 Bon Odori with Odoriko

Keseruan Hari Pertama

  • 10.10 Opening Ceremony

Pada hari jumat, 9 Agustus 2023, Pandaikotoba berkesempatan menjadi media partner dalam acara tahunan “GJUI 30” yang diselenggarakan di Universitas Indonesia. Acara ini penuh dengan berbagai kegiatan menarik yang berkaitan dengan budaya Jepang, mulai dari cosplay hingga pembelajaran bahasa Jepang.

Pada hari pertama ini pandaikotoba berkesempatan mengikuti Opening Ceremony GJUI selaku media partner, di Opening Ceremony ini pandaikotoba menghadiri sambutan dari kaprodi bahasa dan kebudayaan Jepang UI dan sambutan acara ketua pelaksana GJUI 30 tahun 2024 ini. Peserta yang antusias terhadap Opening Ceremony ini cukup banyak, tidak hanya panitia acara dan media partner, ada juga pengunjung dari jauh tempat untuk melihat lihat interior gedung UI.

Pandaikotoba mendokumentasikan seluruh kegiatan tersebut, memastikan setiap momen yang berharga terekam dengan baik. Di antara sorotan utama adalah booth-booth menarik yang menyajikan berbagai merchandise khas Jepang dan pernak-pernik cosplay yang memukau.

Pengunjung bisa menemukan beragam barang mulai dari gantungan kunci lucu hingga kaos bertema anime dan budaya Jepang lainnya. Banyak pengunjung yang tertarik untuk membeli sebagai kenang-kenangan dari acara ini.

Tidak hanya itu, Pandaikotoba juga mengadakan kuis keliling di area acara. Kuis ini cukup unik karena melibatkan orang-orang random yang ditemui di jalan. Tim Pandaikotoba mendekati para pengunjung dan memberikan tantangan untuk menebak atau menulis kanji dengan benar.

Kuis ini mendapat respons yang sangat positif, banyak yang antusias mencoba kemampuan mereka dalam menulis kanji. Bahkan, beberapa pengunjung yang awalnya ragu akhirnya ikut berpartisipasi dan merasa senang dengan pengalaman tersebut. Kuis keliling ini tidak hanya menghibur tetapi juga edukatif, membantu pengunjung meningkatkan keterampilan bahasa Jepang mereka dengan cara yang menyenangkan.

Salah satu momen yang paling seru adalah saat Pandaikotoba memberikan hadiah berupa snack kepada pemenang kuis. Hal ini menambah semangat para peserta untuk berpartisipasi dan berusaha sebaik mungkin dalam menebak kanji yang diberikan. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang berkumpulnya komunitas penggemar budaya Jepang, di mana mereka dapat bertukar informasi dan pengalaman.

Overall, kunjungan Pandaikotoba ke Universitas Indonesia dalam rangka “GJUI 30” merupakan pengalaman yang luar biasa. Selain dapat memperkenalkan dan mendokumentasikan berbagai aspek menarik dari budaya Jepang, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan interaksi dengan penggemar serta mempererat hubungan antara Pandaikotoba dan komunitas pencinta Jepang di Indonesia.

GJUI
  • 13:00 Cerdas Cermat

Pada pukul 13:00, Pandaikotoba menghadiri sesi lomba cerdas cermat yang diikuti oleh siswa-siswa SMA dari berbagai daerah. Sesi ini menjadi salah satu highlight acara karena menampilkan persaingan yang cukup seru, mulai dari SMA Negeri, SMA Swasta, Madrasah, sampai Pesantren. Para peserta menunjukkan pengetahuan mendalam mereka tentang budaya dan bahasa Jepang.

  • Kuis Kanji

WhatsApp Image 2024 08 12 at 22.11.18 1 scaled

Setelah mengikuti kegiatan cerdas cermat, pandaikotoba mulai mencari target untuk kuis kanji, walaupun tidak terlalu banyak yang menjawab tetap kita kasih hadiah buat kenang-kenangan. Khadafi san sepertinya sangat kelelahan karena cuaca itu sedikit terik www…

Kameramen juga bercucur keringat gara-gara cuaca pada saat itu. Panas banget! Hari itu menjadi hari yang paling capek karena panas dan kemana mana harus jalan kaki. Dan sangking capeknya, kameramen dan pembawa kuis pulang malem gara-gara penuh orang di kereta.

  • Pulang 17:00

Pandaikotoba pulang kemalaman karena kereta penuh banget tiap hari walaupun malem. Huuffftt…
Dalam perjalanan, pandaikotoba mendokumentasikan perjalanan pulang di sekitaran UI dan mencoba beberapa makanan yang dijual di sekitaran stasiun depan UI.

Keseruan Hari Kedua

  • 13:00 pres conference

Kegiatan Jejepangan GJUI 30 di Universitas Indonesia memasuki hari kedua yang penuh dengan acara menarik. Pada pukul 13:00 WIB, panitia acara menggelar press conference yang melibatkan banyak media partner, termasuk Pandaikotoba, untuk bertemu dengan tamu istimewa mereka, Asobi Doumei.

Press conference ini diselenggarakan di ruang konferensi utama kampus Universitas Indonesia dan berlangsung hingga pukul 15:00 WIB. Acara tersebut menghadirkan kesempatan bagi berbagai media untuk mendalami lebih jauh tentang kegiatan Jejepangan GJUI 30 dan interaksi dengan Asobi Doumei, yang dikenal luas dalam dunia Jejepangan.

Selama press conference, pertanyaan-pertanyaan dari media partner dikumpulkan dan dijawab oleh Asobi Doumei, memberikan wawasan mendalam tentang topik-topik hangat seputar Jejepangan dan peran mereka dalam acara tersebut.

Meski Pandaikotoba tidak berpartisipasi dalam sesi tanya jawab umum, kami memanfaatkan kesempatan ini untuk mempersiapkan wawancara eksklusif satu lawan satu dengan Asobi Doumei.

Setelah press conference, Pandaikotoba mendapatkan waktu khusus selama 10 menit untuk melakukan wawancara pribadi dengan Asobi Doumei. Sesi wawancara ini memberikan kesempatan bagi kami untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang pandangan dan pengalaman Asobi Doumei dalam membuat lagu dan kesan pertama datang ke Indonesia, serta perspektif mereka mengenai acara GJUI 30.

Dengan acara yang berjalan lancar dan penuh antusiasme dari media serta peserta, hari kedua kegiatan Jejepangan GJUI 30 di Universitas Indonesia membuktikan bahwa minat terhadap budaya jejepangan tetap kuat dan berkembang.

Tetap ikuti berita terbaru dari Pandaikotoba untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil wawancara dan highlights dari kegiatan Jejepangan GJUI 30 di instagram dan youtube pandaikotoba ya…

  • 16:00-18:00 Sesi kuis

Pada pukul 16:00 hingga 17:00 WIB, Pandaikotoba kembali mencari target buat acara kuis interaktif yang meriah di sekitar kawasan Universitas Indonesia, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Jejepangan GJUI 30. Ini dirancang untuk melibatkan pengunjung dalam pengalaman yang menyenangkan dan edukatif dengan fokus pada kanji, karakter tulisan Jepang yang kaya makna dan sejarah.

Selama satu jam penuh, para pengunjung diajak untuk berpartisipasi dalam kuis yang menguji pengetahuan mereka tentang kanji melalui berbagai pertanyaan yang bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih menantang.

Peserta kuis memiliki kesempatan untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang kanji dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh tim kami. Sebagai penghargaan atas partisipasi mereka, setiap peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar diberi camilan lezat, termasuk berbagai snacks khas Jepang yang telah dipilih khusus untuk menambah suasana meriah acara. Camilan tersebut mencakup hidangan ringan yang populer di Jepang, memberikan sentuhan autentik dan menyenangkan bagi para peserta.

Acara kuis ini tidak hanya bertujuan untuk menguji pengetahuan kanji para peserta, tetapi juga untuk menciptakan suasana yang ceria dan interaktif, serta memperkenalkan lebih banyak orang pada aspek menarik dari budaya Jepang.

Dengan menggabungkan unsur edukasi dan hiburan, Pandaikotoba berharap dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan menyenangkan bagi semua pengunjung yang hadir, serta mempererat hubungan di dalam komunitas Jejepangan yang hadir di acara GJUI 30.

Acara ini merupakan bagian dari upaya kami untuk membawa lebih banyak orang dekat dengan budaya Jepang melalui cara yang menarik dan interaktif.

Keseruan Hari ke 3

  • 13:00 kuis kanji

Memasuki hari ketiga dari acara Jejepangan GJUI 30 di Universitas Indonesia, Pandaikotoba kembali menghadirkan kegiatan yang menarik dengan mengadakan kuis kanji keliling pada pukul 13:00 WIB. Kuis ini bertujuan untuk melibatkan pengunjung dalam interaksi langsung dengan elemen budaya Jepang, khususnya dalam hal pengetahuan tentang kanji, karakter tulisan Jepang yang memiliki kedalaman makna dan sejarah.

Selama kuis berlangsung hingga pukul 17:00 WIB, tim Pandaikotoba melakukan kuis keliling dengan bertanya kepada pengunjung secara acak. Namun, tampaknya sebagian besar peserta yang ditemui lebih fokus pada aktivitas cosplay dan menyaksikan penampilan Asobi Doumei, sehingga tidak banyak yang dapat menjawab pertanyaan mengenai kanji dengan benar. Meskipun demikian, acara kuis ini tetap menarik perhatian dan menambah keceriaan suasana acara Jejepangan GJUI 30.

Menjelang malam, pada pukul 19:00 hingga 19:45 WIB, pengunjung disuguhi acara konser yang sangat dinantikan, yaitu penampilan live dari Asobi Doumei. Konser ini merupakan salah satu highlight dari rangkaian acara hari ketiga, dengan penampilan yang memukau dan menghibur para pengunjung yang telah datang untuk menyaksikan langsung aksi panggung dari grup jejepangan terkemuka tersebut.

Konser ini tidak hanya menampilkan lagu-lagu populer, tetapi juga memberikan pengalaman visual dan musikal yang mengesankan, memperkuat suasana meriah dan antusiasme di acara GJUI 30.

Kegiatan hari ketiga ini menegaskan betapa beragamnya pengalaman yang ditawarkan dalam acara Jejepangan GJUI 30, mulai dari interaksi edukatif seperti kuis kanji hingga hiburan spektakuler dari konser Asobi Doumei. Dengan berbagai kegiatan yang disajikan, acara ini terus menarik perhatian dan kepentingan pengunjung, menjadikannya sebagai salah satu acara Jejepangan yang paling dinanti tahun ini.

WhatsApp Image 2024 08 10 at 16.51.52 1

Nah, segitu saja ya, minasan tentang keseruan pandaikotoba di kegiatan GJUI 30, semoga tahun depan bisa kolaborasi sama GJUI lagi dan ketemu sama temen temen pandaikotoba semua www…

Oh iya, jangan lupa pantengin terus instagram pandaikotoba ya guys…!

Mata Aimashou~~~~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *