Kosakata

Bangunan Cantik dan Iconic di Jepang, Tahu kan nama Tempat ini Bahasa Jepangnya apa?

Mina san tentu sudah tidak asing lagi ya dengan beberapa tempat terkenal di Jepang yang biasa dikunjungi wisatawan internasional. Misalnya, Shibuya crossing, gunung fuji, atau tokyo tower. Kebanyakan, sih.. informasi yang kita terima di internet dengan bahasa inggris ya, yang mana nama-nama tempat terkenal tadi, juga berubah menjadi versi bahasa Inggris. Tentu ada suatu waktu, ketika kita sudah berada di Jepang dan bertanya pada warga lokal mengenai tempat-tempat tersebut, ada kalanya mereka tidak langsung mengenali tempat apa yang kita maksudkan.

Oleh karena itu, kita perlu tahu juga nama tempat-tempat iconic dan indah yang menjadi destinasi wisata di Jepang, dalam bahasa Jepang! Kita cek dulu bersama, yuk..

1. タワー (Tawaa)

Kata ini berasal dari bahasa Inggris yaitu tower jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai menara. Kira-kira ada menara apa saja ya yang terkenal dan memiliki bentuk indah di Jepang? Kalau penasaran geser ke bawah yaa.

横浜ランドマークタワー (Yokohama Randomaaku Tawaa)

yokohama landmark tower
Yokohama Landmark Tower (savorjapan.com)

Dalam bahasa Inggris gedung ini biasa disebut dengan Landmark Tower Yokohama. Gedung ini merupakan salah satu gedung pencakar langit di Jepang yang tertinggi ke-3 setelah Tokyo Sky Tree. Tower ini berlokasi di Minato Mirai, Yokohama. Di dalam gedung setinggi 296,3 m dengan 70 lantai ini terdapat perkantoran, pusat perbelanjaan dan hotel.

東京タワー (Tokyo Tawaa)

tower japan tokyo
Photo by Marek Okon on Unsplash

Tokyo tower ini menjadi salah satu ikon kota Tokyo yang dikenal diseluruh dunia. Ketinggian tower ini adalah 333 meter dan berfungsi sebagai pemancar jaringan komunikasi. Bentuknya mirip seperti menara Eiffel di Paris ya.

神戸ポートタワー (Kobe Pooto Tawaa)

神戸ポートタワー (Kobe Pooto Tawaa)
Photo by note thanun on Unsplash

Bergeser ke barat daya Jepang tepatnya di Kobe. Ada sebuah menara dengan tinggi 108 meter yang memiliki bentuk unik seperti tabung tapi di bagian tengah sedikit mengerucut. Menara ini berdiri dekat pelabuhan sehingga namanya disebut 神戸ポートタワー (Kobe Pooto Tawaa) atau bahasa Inggrisnya Kobe Port Tower. Kalau main ke daerah kansai bisa sempatkan datang kesini ya.

2. 駅 (Eki)

Kata ini memiliki arti stasiun kereta. Kanji ini akan mudah ditemukan di semua stasiun kereta di Jepang. Ternyata stasiun kereta di Jepang beberapa memiliki desain bangunan yang unik. Seperti apa itu bentuknya aja boleh geser ke bawah ya.

東京駅 (Toukyou Eki)

東京駅 (Toukyou Eki)
Stasiun Tokyo (www.freepik.com)

Tokyo Station atau disebut toukyou eki dalam bahasa Jepang memiliki design bangunan yang unik khas Eropa. Stasiun ini resmi dibuka pada tahun 1914.

金沢駅 (Kanazawa Eki)

kanazawa eki station
Kanazawa Station (wikipedia.org)

Stasiun ini dibuka sejak tahun 1898 dan mengalami perubahan bentuk hingga seperti yang ada di gambar. Kalau kalian ke Kanazawa sekalian mampir untuk foto depan gerbang ini ya.

3. 神社 (Jinja)

Jinja adalah kuil agama Shinto kepercayaan masyarakat Jepang. Berikut adalh jinja yang menurut pandaikotoba memiliki pemandangan yang indah dan unik.

嚴島神社 (Itsukushima Jinja)

嚴島神社 (Itsukushima Jinja)
Kuil Itsukushima (www.freepik.com)

Itsukushima jinja adalah salah satu dari 日本三景 (nihon sankei) atau tempat yang memiliki pemandangan terbaik. Bentuk 鳥居 (torii) atau gerbang jinja di laut ini membuat seolah-olah mengapung di atas air. Lokasi kuil ini ada di Perfektur Hiroshima.

貴船神社 (Kifune Jinja)

貴船神社 (Kifune Jinja)
Kifune Jinja (noctive.jp)

Jinja ini memiliki lentera berjejer sepanjang jalan menuju pintu masuk yang membuat pemandangan yang ada di jinja ini unik. Jinja ini terletak di Kyoto dan selalu indah dikunjungi di musim kapanpun.

4. 美術館 (Bijutsukan)

Museum dalam bahasa Jepang dibagi menjadi dua jenis yaitu museum seni dan museum sejarah atau sains. Untuk museum seni disebut 美術館 (bijutsukan). Berikut adalam museum seni yang memilki bentuk bangunan unik.

金沢21世紀美術館 (Kanazawa Nijuuisseiki Bijutsukan)

金沢21世紀美術館 (Kanazawa Nijuuisseiki Bijutsukan)
21 Century Museum of Contemporary Art Kanazawa (en.wikipedia.org)

21 Century Museum of Contemporary Art Kanazawa atau 金沢21世紀美術館 (Kanazawa Nijuuisseiki Bijutsukan) adalah sebuah museum seni yang menampilkan kesenian kontemporer di abad 21. Bangunan ini dibuka pada Oktober 2004. Desain bangunannya sangat unik jika dilihat dari atas berbentuk lingkaran dan di bagian atap terdapat beberapa bentuk bangunan yang menonjol sebagai tempat cahaya matahari masuk.

Salah satu yang unik dari museum ini adalah area kolam renang ini yang bagian bawahnya bisa dimasuki pengunjung. Jika dilihat dari atas seolah-olah berada di dalam air.

21 century museum of contemporary art kanazawa
21 Century Museum of Contemporary Art Kanazawa (www.japan-experience.com)

豊田市美術館 (Toyota-shi Bijutsukan)

豊田市美術館 (Toyota-shi Bijutsukan)
Toyota Municipal Museum of Art (VRC Exhibition)

Toyota Municipal Museum of Art atau 豊田市美術館 (Toyota-shi Bijutsukan) adalah sebuah museum yang menampilkan karya seni dalam bentuk lukisan, tulisan, dan barang yang dipakai sehari-hari. Bentuk bangunan museum ini juga unik berbenrtuk kotak dan memanjang. Bagi yang menyukai seni museum yang berada di kota Toyot aperfektur Aichi ini wajib dikunjungi.

5. 城 (Shiro/Jou)

Arti kata ini adalah kastil. Memiliki dua penyebutan yaitu しろ (shiro) sebagai penyebutan cara Jepang (kunyomi) dan じょう (jou) sebagai penyebutan yang berasal dari Cina (onyomi).

姫路城 (Himeji jou/Himeji Castle)

姫路城 (Himeji jou/Himeji Castle)
Kastil Himeji (indietravel.net)

Himeji-jou atau Himeji Castle ini adalah kastil paling besar yang ada di Jepang. Kastil ini terletak di perfektur Hyogo. Menurut sejarah kastil ini berdiri sejak tahun 1333 dan diperluas di tahun 1601. Musim yang cocok untuk mengunjungi tempat ini adalah musim semi.

大阪城 (Osaka jou)

大阪城 (Osaka jou)
Photo by Jeremy Santana on Unsplash

Kastil ini didirikan oleh Toyotomi Hideyoshi pada tahun 1583. Area Osaka-jou atau Osaka Castle ini sangat luas yaitu sekitar 61.000 meter persegi. Lokasinya berada tepat di tengah pusat kota Osaka sehingga sangat praktis untuk dikunjungi.

6. 場 (Ba/Jou)

Semua kata yang terdapat kanji 場 memiliki arti sebagai tempat. Penyebutan kanji ini ada dua yaitu ば (ba) sebagai penyebutan cara Jepang (kunyomi) dan じょう (jou) sebagai penyebutan yang berasal dari Cina (onyomi).

国立代々木競技場 (Kokuritsu Yoyogi Kyougi-jou)

Yoyogi National Gymnasium (Wikipedia)

Yoyogi National Gymnasium atau yang disebut 国立代々木競技場 (Kokuritsu Yoyogi Kyougi-jou). Bangunan ini dibuka tahun 1964 saat Tokyo Olympic. Gymnasiun atau kyougi-jou ini memiliki keunikan atapnya yang bersuspensi atau seperti karet.

7. 公園 (Kouen)

Kouen dalam bahasa Indonesia disebut sebagai taman. Jepang merupakan salah satu negara yang kota-kotanya memiliki banyak taman. Diantara itu semua ada sebuah taman yang memiliki sejarah penting bagi Jepang yaitu taman yang ada di Hiroshima.

広島平和記念公園 (Hiroshima Heiwa Kinen Kouen)

Hiroshima Peace Memorial Park (Discover Japan)

Hiroshima Peace Memorial Park atau disebut 広島平和記念公園 (Hiroshima Heiwa Kinen Kouen) adalah taman yang dijadikan sebagai tempat peringatan peristiwa bom Hiroshima yang terjadi tahun 1945.

Itulah tempat dengan bangunan terunik versi pandaikotoba. Lewat artikel ini selain tahun apa saja apa saja tempat yang unik di Jepang, kalian juga jadi tahu apa sebutan tempat-tempat ini dalam bahasa Jepang. Semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.