Bahasa Jepang,  Kosakata

10 Kosakata Bahasa Jepang Bidang Konstruksi (Scaffolding)

Selain menjadi salah satu negara favorit untuk berwisata, Jepang juga menjadi salah satu negara yang diidamkan sebagian orang sebagai tempat tujuan untuk hidup dan bekerja.

Ditambah lagi memang, beberapa tahun terakhir ini pun Jepang banyak membuka lowongan pekerjaan untuk orang asing melalui berbagai program kerja sama kenegaraan terkait Sumber Daya Manusia. Salah satu bidang pekerjaan yang ditawarkan untuk para pekerja asing adalah bidang konstruksi.

Sebelum memulai pekerjaan di suatu bidang yang sudah dikehendaki, selain mempelajari bahasa Jepang sehari-hari, ada baiknya Mina san juga mempelajari bahasa bidang khusus, atau senmon yougo (専門用語) dari bidang pekerjaan yang akan Mina san geluti.

Kali ini pandaikotoba akan menyediakan beberapa kosakata khusus yang biasa digunakan pada bidang konstruksi, khususnya terkait pekerjaan Scaffolding atau perancah/steiger yang dalam bahasa Jepang disebut dengan 足場 (ashiba).

bahasa jepang bidang konstruksi scaffolding
Scaffolding atau 足場 (ashiba)
No Bahasa JepangBahasa Indonesia/Istilah umum di IndonesiaPenjelasan
1アウトリガー
autorigaa
OutriggerPerangkat yang berada di samping mobil crane yang digunakan untuk mencegah crane terjatuh atau oleng dan posisi tetap stabil.
2朝顔 (あさがお)
asagao
Jaring/perisai pengaman, safety deckPerangkat yang dipasang pada bagian luar perancah yang biasanya dipasang pada saat melakukan konstruksi bangunan bertingkat untuk mencegah bahan bangunan terjatuh langsung ke jalan atau bangunan lainnya yang mengakibatkan kecelakaan.
3犬走り (いぬばしり)
inubashiri
BermJalan setapak seperti trotoar kecil pada sisi luar bangunan.
4インパクト
inpakuto
Obeng ketok, impact driverPeralatan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur dan sekrup yang dinyalakan menggunakan listrik
5親綱 (おやづな)
oyadzuna
Tali keselamatan, life lineTali yang dipasang pada bagian perancah untuk memasang tali pengaman yang digunakan oleh pekerja.
6壁つなぎ (かべつなぎ)
kabe tsunagi
Konektor dinding, wall connector Peralatan untuk menyambungkan perancah pada dinding
7仮囲い (かりがこい)
karigakoi
Pagar pembatas sementara proyekPagar sementara yang dipasang di sekeliling lokasi konstruksi. Pagar ini dipasang dengan tujuan untuk mencegah kecelakaan konstruksi, mencegah insiden atau bencana dari pihak ke tiga, mencegah pencurian dan mengurangi suara bising dan debu ke luar area konstruksi.
8キャットウォーク
kyattowooku
Injakan, pijakan,, lantai kerja, working platformBiasa juga disebut dengan cat walk, yakni pijakan atau jalan sempit pada bagian perancah yang digunakan sebagai akses lalu-lalang pekerja bangunan.
9ばらし
barashi
PembongkaranAktivitas membongkar perancah atau mold
10仮設 (かせつ)
kasetsu
Bangunan sementaraFasilitas yang disediakan di area konstruksi bangunan yang bersifat sementara dan akan dihilangkan setelah proses pekerjaan konstruksi selesai. Perancah atau 足場(ashiba) pun termasuk ke dalam 仮設 (kasetsu)
10 kosakata terkait pekerjaan Scaffolding

Kosakata di atas bukan hanya berguna untuk Mina san yang bekerja langsung di bidang konstruksi di Jepang ya, namun juga harus diketahui oleh Mina san yang bekerja sebagai penerjemah Bahasa Jepang di bidang konstruksi.

Perlu diingat bahwa beberapa kosakata bidang khusus yang diinformasikan mungkin akan berbeda penyebutannya di masing-masing perusahaan ya, Mina san!

Semoga daftar kosakata bahasa Jepang di bidang konstruksi di atas bisa menjadi referensi!


Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published.