News

Kenalin Nih Maskot Unik di Osaka Expo 2025

osaka expo mascot myaku myaku

Tau gak? Nanti tahun 2025 Osaka ngadain event besar internasional yang disebut Osaka Expo. Event ini adalah acara dimana negara-negara di seluruh dunia membuat pameran tekonologi dan budaya. Acara ini adalah acara turunan dari acara World Expo yang diadakan secara bergiliran di seluruh dunia dengan jangka waktu 5 tahun sekali. Kebetulan untuk tahun 2025 Osaka kebagian menjadi tuan rumah expo ini.

Ada yang unik dari Osaka Expo ini, yaitu maskotnya. Biasanya kan maskot terinspirasi dari hewan atau makanan ya, tapi maskot Osaka Expo ini terinspirasi dari denyut nadi. Warna yang dipilih pun cukup mencolok yaitu biru dan merah. Oh iya, nama maskot ini disebut ‘Myaku Myaku’ nama ini dipilih dari 33.000 usulan nama. Banyak banget, usulan namanya yaa. Dalam bahasa Jepang sendiri myaku myaku adalah bunyi suara dari denyut nadi. Katanya sih kenapa dipilih maskot ini karena punya makna untuk melambangkan harapan supaya teknologi dan pengetahuan akan terus diwariskan kepada generasi penerus. ‘Myaku Myaku’ resmi dijadikan maskot oleh Asosiasi Expo 2025 Jepang pada tanggal 18 Juli 2022 tepatnya 1000 hari sebelum acara di mulai.

Osaka Expo 2025 akan dilaksanakan di Yumeshima, Osaka dari tanggal 13 April hingga 13 Oktober 2025. Acara pameran bergengsi ini akan dihadiri 126 negara dan negara Indonesia pun akan turut hadir dalam Osaka Expo 2025 ini.

Kalau kayak gini nih aroma-aromanya fix Jepang bakal full open buat wisatawan seperti sebelum covid-19 ya gak? Hehe.

Sumber:

Osumi, Magdalena. Osaka Expo’s nightmarish mascot given official name. Japan Times.

NHK. 大阪おおさか関西かんさい万博ばんぱく キャラクターの名前なまえは「ミャクミャク」(Osaka, Kansai Banpaku kyarakutaa no Namae wa “Myaku Myaku”). NHK News Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published.