Culture

Bahasa Jepang Rumah Dan Bagian-Bagiannya

Rumah Jepang pada umumnya punya ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan rumah di Indonesia pada umumnya. Di artikel kali ini pandaikotoba akan membagikan kosakata tentang rumah Jepang dan fungsi tempatnya.

1. 庭 (Niwa)

Halaman atau bagian depan rumah. Meski di kota besar rumah yang ada halaman ini sudah jarang ditemukan.

2. 玄関 (Genkan)

Bagian rumah setelah pintu masuk. Tempat melepas dan menaruh sepatu. Di bagian ini biasanya ada rak sepatu dan tempat menaruh payung. Ada kebiasaan unik orang Jepang ketika melepas sepatu yaitu, menaruh sepatu sejajar dengan pasangannya dan ditaruh menghadap pintu keluar. Fungsinya agar saat keluar rumah sepatu bisa langsung dipakai tanpa harus membalikkan badan menyesuaikan dengan posisi sepatu.

source: https://www.logrenove.jp/housing/storage/9442/

3. 居間 (Ima)

Bagian rumah untuk tempat berkumpul sering disebut 「リビング」(ribinggu) diambil dari bahasa inggris living room. Rumah Jepang pada umumnya sudah banyak yang memakai sofa. Jika di musim dingin bisanya ditambahkan kotatsu yaitu meja dengan selimut penghangat (bisa dilihat di gambar).

source: https://roomclip.jp/photo/vKzP

4. 寝室 (Neshitsu)

Ruang tidur di Jepang saat ini pada umumnya memakai 「ベッド」(beddo) ranjang. Meski masih ada yang memakai 「布団」(futon) kasur jepang yang ditaruh dilantai satu set dengan selimutnya. Ruang tidur sering disebut juga「部屋」(heya) kata ini memiliki arti yang lebih umum sebagai ruangan.

5. 台所 (Daidokoro)

Daidokoro atau dapur Jepang rumah modern sebetulnya tidak jauh dengan bentuk dapur modern di Indonesia. Saat ini sudah mulai banyak rumah model baru yang menggunakan kompor listrik (IH/Induction Heating). Meski masih banyak rumah dan apartemen yang menggunakan kompor gas seperti di gambar berikut.

source: https://www.r-tatumi.jp/blog/11062

6. 浴室 (Yokushitsu)

Yokushitsu adalah tempat mandi, di dalamnya ada ofuro (bak mandi untuk berendam) dan juga shower. Orang Jepang sangat suka sekali berendam jadi sudah pasti ada bak untuk berendam di setiap rumah dan apartemen. Jika ruangan yang ada sempit, wastafel dan toilet digabung dengan tempat mandi.

source: homes.co.jp/cont/press/reform/reform_00474/

7. トイレ (Toire)

Tempat yang paling krusial ya ini kalau gak punya bahaya. Disebut toire karena ambil dari bahasa inggris toilet dan bentuk pembuangannya yang duduk. Sebelumnya orang jepang menyebut tempat ini sebagai「お便所」(obenjo) terutama jika bentuk toiletnya ala Jepang yang cara memakainya harus jongkok. Untuk penyebutan lebih sopan bisa orang Jepang menyebutnya「お手洗い」(otearai) atau arti harfiahnya tempat mencuci tangan. Jika luas rumah atau apartemen luas lokasi toilet ini akan punya ruangan khusus terpisah dari tempat mandi. Lebih enak begini ya yang mandi dan yang mau ke toilet gak harus mengantri hehe.

Inilah kurang lebih isi rumah Jepang pada umumnya saat ini. Apakah ada yang punya cita-cita punya rumah di Jepang atau rumah di Indonesia mirip rumah yang ada di Jepang?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.