Culture

17 Festival di Jepang Paling Terkenal

Minasan tahu kan Jepang adalah salah satu negara yang sangat terkenal dengan banyaknya festival yang mereka adakan. Diantaranya ada festival yang sebaiknya minasan tahu berikut adalah festival- festival di Jepang yang umum orang Jepang ketahui. Langsung cek aja yuk apa saja.

1. さっぽろ雪まつり/北海道 (Sapporo Yuki Matsuri/ Hokkaido)

Sapporo yuki matsuri atau Festival salju Sapporo ini adalah festival terbesar di Hokkaido yang diadakan saat musim dingin yaitu pada setiap akhir bulan Januari dan Februari. Lokasi festival ini selalu diselenggarakan di Taman Odori (大通公園 oodori kouen). Banyak karya seni berupa bangunan, patung, dan lainnya dalam ukuran raksasa yang terbuat dari es.

2. 五山送り火/京都 (Gozan Okuribi Matsuri/Kyoto)

Gozan no okuribi ini adalah salah satu festival besar di Kyoto. Setiap tanggal 16 Agustus malam di gunung Kyoto akan terlihat simbol menyala dari api suci yang disebut 護摩 (goma). Tujuan dari menyalakan api ini untuk mengantar para roh arwah leluhur di waktu obon dan sebagai bentuk harapan agar dijauhi dari musibah. Api ini akan menyala masing-masing selama 30 menit.

Api pertama dimulai pada jam 8 malam dan akan menyala di Higashiyama (東山) dengan api berbentuk kanji 大 (dai). Dilanjutkan api berbentuk huruf 妙 (myou) dan 法 (hou) di Matsugasaki (松ヶ崎). Setelah itu di Nishigamo (西賀茂) berbentuk perahu (船形 funagata) dan Ookitayama (大北山). Terakhir dinyalakan api berbentuk gerbang jinja (鳥居 torii) di Mandarasan (曼荼羅山).

Spot terbaik untuk menikmati nyala api dari lima gunung ini adalah hotel-hotel sekitaran stasiun Kyoto di kamar lantai atas. Kalau tidak bisa menikmati disitu, tetap bisa juga dinikmati di lokasi manapun yang terlihat gunung-gunung ini.

3. 葵祭/京都 (Aoi Matsuri/Kyoto)

【京都府】1000年前の贵族文化が苏る葵祭〜アクセス・见どころなど〜
Aoi matsuri

Aoi matsuri adalah salah satu festival terbesar di Kyoto. Festival ini disebut sudah dimulai sejak 平安時代 (heian jidai) zaman heian yaitu, sudah berumur sekitar 1200 tahun. Selalu diadakan setiap tahun dari awal bulan Mei sampai tanggal 15 Mei. Festival ini berupa parade dari Kyoto Palace menuju 下鴨神社 (shimo gamo jinja) dan 上賀茂神社 (kami gamo jinja).

4. 祇園祭/京都 (Gion Matsuri/Kyoto)

Pada bulan Juli, Kota Kyoto mengadakan festival yang dinamakan Gion Matsuri. Gion matsuri adalah salah satu festival yang paling terkenal dan terbesar di Kyoto dan sudah terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO. Festival ini adalah upacara Shinto yang bertujuan untuk menghilangkan bala dan penyakit. Festival ini diadakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai 31 Juli di Yasaka Jinja dan beberapa diantaranya ada parade di sekitarnya.

4. 時代祭/京都府 (Jidai Matsuri / Prefektur Kyoto)

Jidai matsuri adalah salah satu dari tiga festival terbesar setelah Aoi matsuri (葵祭), Gion matsuri(祇園祭). Festival ini diadakan setiap awal musim gugur yaitu 22 Oktober di Heian Jingu (平安神宮). Festival ini dipercaya oleh orang-orang adalah festival yang tidak bisa ditiru di daerah lain dan dengan melihat festival ini orang akan memahami sejarah Kyoto.

5. 高円寺阿波おどり/東京 (Kooenji Awa Odori / Tokyo)

やっぱり踊りたい!東京高円寺阿波おどり2020。 - 晴れ、時々阿波おどり
Tokyo awa odori

Festival Awa odori Tokyo ini hampir mirip dengan festival yang ada di Tokushima. Namun, dibandingkan dengan Tokushima, Awa odori matsuri di Tokyo ini terhitung lebih muda yaitu hanya baru dilakukan 60 tahun kebelakang. Parade tarian ini dilakukan dari Koenji dan terus melewati stasiun kereta JR koenji, stasiun kereta bawah tanah Shinkoenji, dan distrik pertokoan. Festival ini diadakan di musim panas.

6. 青森県 青森ねぶた (Prefektur Aomori / Aomori Nebuta Matsuri)

Nebuta Matsuri adalah diadakan di awal bulan Agustus yaitu sekitar tanggal 2 sampai tanggal 7. Festival ini dianggap sebagai aset budaya penting bagi negara Jepang. Festival ini berupa parade hiasan menyala raksasa.

7. 仙台七夕まつり/宮城県 (Sendai Tanabata Matsuri / Prefektur Miyagi)

Sendai tanabata matsuri adalah festival yang dibuat sangat cantik dan meriah. Festival in sejak zaman Date Masamune (伊達政宗) memimpin daerah atau disebut sebagai daimyo. Festival ini diadakan pada 6 dan 8 Agustus. Setiap jalan dari stasiun Sendai sampai Chuuo doori, ichiban machi arcade akan dipenuhi hiasan tanabata yang megah. Selain itu banyak terdapat kedai tradisional dan macam-macam acara.

8. 竿燈まつり/秋田県 (Kantou Matsuri / Prefektur Akita)

Kantou matsuri adalah salah satu dari tiga matsuri terbesar di daerah Tohoku atau daerah timur laut Jepang (東北) setelah Nebuta matsuri dan Sendai Tanabata matsuri. Festival ini diadakan di musim panas sekitar tanggal 3 sampai 6 Agustus. Tujuan diadakannya festival ini untuk menolak bala dan penyakit. Tempat parade festival ini diadakan di sepanjang jalan Kantou Oodori.

9. 秩父夜祭/埼玉県 (Chichibuyo Matsuri / Perfektur Saitama)

Chichibuyo matsuri adalah festival yang cukup tua dan sudah diadakan terus-menerus sejak 300 tahun yang lalu. Pada tahun 2016 festival ini terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO. Festival ini berupa parade membawa yatai (屋台) dan kasaboko (傘鉾) yang diikuti musik khas. Selain itu terdapat hiasan-hiasan mewah dan warna emas yang mengiringi parade ini. Juga lampion-lampion indah menyinari. Festival ini diadakan setiap tanggal 2 dan 3 Desember.

10.博多祇園山笠/福岡 (Hakata Gion Yamakasa/Fukuoka)

Hakata Gion matsuri adalah festival yang diadakan di bulan Juli dari tanggal 1 sampai 15 di kota Hakata, Fukuoka. Pada hari tersebut hiasan cantik terkait festival akan terpasang di seluruh kota. Festival ini terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO.

11. 岐阜県 高山 (Prefektur Gifu / Takayama Matsuri)

Takayama matsuri diadakan dua kali dalam setahun yaitu pada musim semi yang disebut Yamao matsuri (山王祭) dan di musim gugur disebut Hachiman matsuri (八幡祭). Festival ini berupa parade kotak besar berisi benda berharga dan keramat yang disebut youmeimon (陽明門). Pada musim semi diadakan setiap tanggal 14 sampai 15 April dan pada musim gugur setiap tanggal 9 sampai 10 Oktober.

12. 岸和田だんじり/大阪 (Kishiwada Danjiri Matsuri/Osaka)

Festival Kishiwada Danjiri matsuri sudah diadakan sejak pertengahan zaman edo jadi sudah berumur sekitar 300 tahun. Festival ini selalu diadakan setiap tahun di bulan September dan Oktoberdi hari sabtu dan minggu. Festival ini dianggap cukup berbahaya karena saat parade shinyo (神輿) seberat 4 ton dibawa dengan sangat cepat.

13. 阿波おどり/徳島県 (Tarian Awa / Prefektur Tokushima)

徳島市「阿波おどり」を存分に楽しむオススメ観覧スポット | 徳島県 | トラベルjp 旅行ガイド
Awa odori matsuri

Festival Awa odori di perfektur Tokushima ini diadakan setiap periode obon yaitu tepatnya tanggal 12 sampai 15 Agustus. Festival ini berbeda dengan festival lain yang parade membawa shinyo (神輿) tapi parade dengan menari tarian yang disebut awa odori dan sudah terus-menerus diadakan selama 400 tahun.

14. よさこい祭り/高知県 (Yosakoi Matsuri/ Prefektur Kochi)

Festival Yosakoi diadakan di pusat kota Kochi setiap tahun pada tanggal 9 sampai 12 Agustus. Parade ini berisi tarian bersemangat yang disebut yosakoi odori yang dilakukan oleh 200 tim.

15. おわら風の盆/富山県 (Owarakaze no bon / Prefektur Toyama)

富山県 哀調の音色しっとり おわら風の盆開幕|北陸新幹線で行こう!北陸・信越観光ナビ
Owarakaze no bon matsuri

Festival ini diadakan di perfektur Toyama setiap tahun pada tanggal 1- 3 September. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1702 dan masih dijaga dengan baik. Tujuannya untuk memohon hasil pertanian yang melimpah. Festival ini berbentuk parade tarian sepanjang jalanan di kota-kota perfektur Toyama.

16. 長崎県 長崎ランタンフェスティバル (Prefektur Nagasaki Festival Lentera Nagasaki)

Festival ini diadaptasi dari kebudayaan Cina akibat adanya interaksi perdagangan dan pertukaran budaya di Nagasaki pada zaman dahulu. Festival ini diadakan saat musim semi tapi setiap tahun berbeda tanggal tergantung penanggalan Cina. Pada festival ini akan ditemukan banyak lampion indah, besar, dan bahkan di luar imajinasi dan parade lampion menarik.

17. 沖縄県 沖縄全島エイサーまつり (Prefektur Okinawa Eisaa Matsuri di seluruh pulau Okinawa)

Lalu matsuri yang terakhir ada festival Eisaa dari Okinawa. Festival ini diadakan sesuai penanggalan lama obon yaitu akhir bulan Agustus. Festival ini akan meramaikan setiap sudut pulau okinawa berupa parade tarian dan musik.

Bagaimana? Apakah kalian ada yang tertarik melihat salah satu festival-festival tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.