Bahasa Jepang Bisnis,  Kosakata

Kumpulan Kotoba Bisnis dalam Bahasa Jepang yang Sering Didengar Saat Bekerja (Bagian 2)

Kita bahas lagi tentang kotoba atau kosakata yang sering muncul di dunia bisnis Jepang. Untuk cek bagian pertama klik disini ya.

Photo by Yu Kato on Unsplash
  • コミット (komitto)
    Komitto: Commitment

    コミット/komitto adalah singkatan dari kata コミットメント/komittomento yang diserap dari bahasa Inggris commitment. Artinya sendiri adalah sikap bertanggungjawab terhadap janji atau tujuan yang sudah disepakati.
  • コンプライアンス (konpuraiansu)
    Konpuraiansu: Compliance
    コンプライアンス/konpuraiansu artinya adalah melaksanakan dan mematuhi baik peraturan pemerintah maupun peraturan yang sudah ditetapkan oleh sebuah perusahaan demi mendapatkan kepercayaan publik.
  • PDCAサイクル (pi di shi ei saikuru)
    PDCA saikuru: PDCA cycle
    PDCAサイクル berasal dari istilah manajemen PDCA cycle (siklus PDCA). PDCA terdiri dari, Plan 計画 (keikaku) atau rencana, Do 実行 (jikkou) pelaksanaan, Check 評価 (hyouka) evaluasi, Action 改善 (kaikaku) perbaikan.
  • フィードバック (fiidobakku)
    Fiidobakku: Feedback

    フィードバック/feedback adalah hasil evaluasi pekerjaan yang disampaikan demi meningkatnya motivasi dan kapabilitas kerja.
  • 報連相 (ほうれんそう/hourensou)
    報連相/hourensou adalah singkatan dari 報告 (houkoku) melaporkan, 連絡 (renraku) menghubungi, 相談 (soudan) berdiskusi. Hourensou ini bertujuan agar hal pekerjaan berjalan tanpa kendala. Untuk penjelasan lengkap tentang hourensou klik disini ya.
  • リスケ (risuke)
    Risuke: Reschedule
    リスケ/risuke singkatan dari リスケジュール/risukejuuru kata ini berasal dari kata bahasa inggris reschedule. Pada bahasa Jepang bisnis kata risukejuuru artinya mengganti jadwal dan mengubah rencana, sedangkan pada bidang perbankan atau keuangan bisa diartikan perubahan waktu pembayaran dikarenakan belum bisa membayar hutang tepat pada waktu yang disepakati.
  • リマインド (rimaindo)
    Rimaindo: Remind
    リマインド/rimaindo berasal dari kata bahasa Inggris remind yang artinya mengingat atau mengingatkan. Pada bahasa Jepang bisnis contoh penggunaannya adalah sebagai berikut, ketika digunakan sebagai kata kerja yaitu リマインドする (rimaindosuru) dan kata benda biasanya dipakai seperti リマインドメールを送る (rimaindo meeru o okuru) artinya mengirim email pengingat.
  • リソース (risoosu)
    Risoosu: Resource
    リソース/risoosu berasal dari bahasa Inggris resource. Dalam bahasa Jepang bisnis ini diartikan sebagai sumber manajemen berupa sumber daya manusia, benda, dan uang.

Sekian untuk bagian kedua ini semoga menambah pengetahuan kotoba bahasa Jepang minasan yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.