Kosakata

6 Istilah “Kata Benda” dalam Bahasa Jepang

Banyak yang tahu sebutan “kata benda” dalam bahasa Inggris disebut dengan noun. Semua orang pun pasti pernah belajar bahasa Inggris dong, termasuk anak sastra dan linguistik bahasa Jepang. Tapi, ngomong-ngomong tahu gak, sih, apa sebutannya dalam bahasa Jepang? Buat minasan yang kuliah di jurusan sastra Jepang atau jurusan pendidikan bahasa Jepang wajib tahu nih.

Sebutan ‘kata kerja’ dalam bahasa Jepang disebut dengan meishi, yang ditulis dengan kanji 名詞 (めいし). Tapi sebenernya 名詞 (meishi) dalam bahasa Jepang punya sebutan yang lebih rinci lagi. Berikut jenis dan penjelasannya.

1. 普通名詞 (ふつうめいし) futsuu meishi : kata benda umum

Futsuu meishi adalah kata benda yang biasanya dipakai untuk kategori umum. Misalnya 猫 (neko) ‘kucing’, 山 (yama) ‘gunung’, つくえ (tsukue) ‘meja’, 家 (ie) ‘rumah’, ペン (pen) ‘pulpen’, 車 (kuruma) ‘mobil’, パソコン (pasokon) ‘laptop’, dan sejenisnya.
Juga kata benda abstrak, misalnya seperti, 利益 (rieki) keuntungan, 想像 (souzou) imajinasi, 自由(jiyuu) kebebasan, 時間 (jikan) waktu, atau 知識 (chishiki) pengetahuan juga termasuk ke dalam 普通名詞 (futsuu meishi).

2. 固有名詞 (こゆうめいし) koyuu meishi : kata benda kepemilikan

Koyuu meishi adalah kata benda khusus yang berasosiasi dengan tempat atau benda umum. Misalnya nama orang, nama kota, nama tempat, dan sejenisnya.

3. 形式名詞 (けいしきめいし) keishiki meishi

Keishiki meishi adalah kata benda yang memiliki dua penggunaan, yakni, sebagai kata benda umum dan kata benda modifikasi pada tata bahasa (grammar). Misalnya kata 所/ところ (tokoro) yang memiliki arti ‘tempat’ juga bisa diartikan sebagai ‘poin/hal’ pada grammar tertentu. Selain itu, kata 物/者/もの (mono) juga, yang berarti ‘barang’ bisa berperan menjadi bagian dari kata tata bahasa.

4. 動詞性名詞 (どうしせいめいし) doushisei meishi atau サ変名詞 (さへんめいし) sa hen meishi

Doushisei meishi atau Sa hen meishi adalah kata benda yang bisa dijadikan kata kerja jika ditambahkan kata する (suru). Misalnya kata 勉強 (benkyou) ‘belajar’, サッカー (sakkaa) ‘sepakbola’, 料理 (ryouri) ‘masakan’ dan sejenisnya.

5. 代名詞 (だいめいし) daimeishi : kata benda pengganti

Daimeishi adalah kata benda pengganti orang. Misalnya, 私 (watashi), 私たち (watashitachi), あなた (anata) dan kata lain sejenisnya. Kemudian, bisa juga berarti kata benda pengganti tempat seperti, ここ (koko), そこ (soko), あそこ (asoko). Eh, kata ini juga bisa lho, menjadi kata kerja!

6. 数詞 (すうし) suushi・数名詞 (すうめいし) suumeishi・数量詞 (すうりょうし) suuryoushi

Suushi atau suumeishi atau suuryoushi adalah kata benda angka, satuan, dan ukuran.

Nah, ternyata banyak juga, kan, jenis dari kata benda dalam bahasa Jepang. Perlu diingat ya, biar gak lupa-lupa! Kalau Mina san punya pertanyaan ada yang ingin dibahas, jangan ragu untuk komen di web ini, atau bisa kontak pandaikotoba melalui instagram atau twitter, ya!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Sumber:
Futsuumeishi to koyuumeishi no chigai to wa? Reibun ya tsukaikata o kantan ni kaisetsu, Kokugoryoku
Wikipedia Japan, Daimeishi
Hama Sensei, Keishiki meishi no miwakekata, Nihongo Kyoushi no Hama
Wikipedia Japan , Suushi

Leave a Reply

Your email address will not be published.