Bahasa Jepang,  Culture,  Kosakata

Arti Hentai, Ikeh, Yamete, Kimochi. Yakin Udah Pada Tau Banget Artinya?

Pernah dengar kata-kata hentai, ikeh, yamete atau kimochi ? Apa benar artinya hanya dikaitkan dengan permesuman belaka?

Hentai, Ikeh, Yamete, Kimochi. Hmmm..

Bagi beberapa orang, dalam mengenal kosakata bahasa asing, semakin berkesan kosakata yang didengar, akan semakin mudah dicerna dan diingat oleh memori otak.

Begitu juga dengan kosakata Bahasa Jepang dengan arti yang dikaitkan dengan makna ‘mesum’ yang kerap dikaitkan dengan kata Hentai..

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di masa yang semakin hi-tech ini, masyarakat Indonesia bisa dengan mudah dan banyak yang mengakses konten pornografi dari Jepang.

Sehingga, berdampak pada pergeseran makna pada beberapa kosakata Bahasa Jepang yang menjadi terkesan mesum di telinga masyarakat kita, lantaran beberapa kosakata Bahasa Jepang tertentu itu banyak dipergunakan dalam konten pornografi.

Hmmm.. tapi apa benar, kosakata tersebut artinya memang mesum? Yuk kita simak penjelasan berikut ini!

行け (ike)

Ketika melihat beberapa komentar netizen dalam konten berbau pornografi Jepang atau yang menyinggung ke arah sana.

Tak jarang kita pasti akan menemukan salah satu komentar berisikan kosakata “ike/ikeh“, yang biasa nya nih, digabung lagi dengan kosakatanya “kimochii“.

Mungkin makna yang dipikirkan si penulis komentar dari kata “ikeh, kimochii” adalah “ya, terus, enak” dalam konteks seksual ketika nonton hentai ya pastinya. Hehehe.

Arti 行け (ike)

Kata “ikeh” atau benarnya ditulis dan diucapkan dengan 行け (ike), merupakan kata yang berasal dari kata bentuk kamus 行く (iku) yang berarti “pergi”, yang telah mengalami perubahan menjadi bentuk perintah atau 命令形 (meireikei) menjadi 行け (ike atau yuke).

iku ike kosakata jepang
Perubahan bentuk kata bentuk kamus “iku” (jihoukei) ke bentuk perintah (meireikei)

Juga, kata 行け (ike) pun bisa diartikan sebagai kosakata seperti di bawah ini :

Kosakata Bahasa JepangArtiContoh Kalimat
行ける
(ikeru)
bisa pergiこのお金でシンガポールに行けるでしょう。
(kono okane de Shingapooru ni ikeru deshou)
Kamu bisa pergi ke Singapura dengan uang ini.
イケる
(ikeru)
lumayan (bagus)落ち目ってい言うけど、まだイケるよね。
(ochime tte iu kedo, mada ikeru yo ne)
Dibilang jatuh popularitasnya pun, tapi masih lumayan lah ya.
行け行け
(ike ike)
semangat!
antusias, tidak bisa diam, semangat, keren, kondisinya bagus
このままいけばクラス対抗リレーで優勝できそうだ!いけいけー!
(kono mama ikeba kurasu taikou riree de yuushou dekisou da! ike ike!)
Kalau begini, kita bisa menang lomba lari estafet kelas, nih! Semangat!

あいつはいつもイケイケだな
(aitsu wa itsumo ike ike da na)
Dia tuh suka ngga bisa diem gitu ya (semangat)

ここはイケイケだろう
(koko wa ike ike darou)
Tempat ini tuh keren kan?

Ada pula kosakata 行け (ike) dengan bentuk negatif seperti di bawah ini :

Kosakata Bahasa
Jepang
ArtiContoh Kalimat
行けない
(ikenai)
tidak boleh, tidak bisa (putus asa),
tidak bisa pergi, buruk/tidak baik
君が行けなければ私も行けない
(kimi ga ikenakereba watashi mo ikenai)
Kalau kamu ngga pergi, saya juga ngga pergi

変態 (hentai)

Makna hentai tidak melulu merujuk pada hal-hal berbau seksual, lho. Bagi Mina san yang mempelajari bahasa Jepang, tentu sudah memahami bahwa kosakata bahasa Jepang yang berdiri sendiri, tidak dapat diartikan hanya dengan satu makna.

Seperti halnya kata hentai ini. Harus kita pahami juga bahwa kosakata bahasa Jepang tidak hanya dapat kita artikan hanya berdasarkan cara pelafalannya saja, namun juga berdasarkan kanji yang membentuk kosakata tersebut.

Maksudnya bagaimana? Agar lebih jelas, mari kita lihat, ada berapa sih kata hentai dalam bahasa Jepang?

Arti 変態 (hentai)

Bentuk KanjiArti
変態
hentai
Transformasi
Abnormalitas
Penyimpangan seksual
Orang mesum
Metamorfosis
Transisi
Modifikasi
編隊
hentai
Formasi (formasi pesawat)
変体
hentai
Bentuk yang tidak biasa, bentuk yang berbeda, varian, macam
ヘンタイ
hentai
“hentai” (kosakata yang digunakan dalam bahasa asing sebagai hal-hal yang merujuk pada komik atau animasi pornografi yang biasanya bersumber dari Jepang. kanji yang digunakan adalah 変態.

kanji (hen) berarti berubah atau aneh, dan (tai) yang berarti penampilan atau kelakuan. Kosakata ini merupakan kependekan dari kosakata 変態性欲 (hentai seiyoku) yang berarti penyimpangan seksual)

Atau, kata hentai ini bisa juga memiliki arti lain, apabila ditambahkan dengan kosakata atau kanji lainnya, seperti :

Bentuk KanjiArti
変態性欲
(hentai seiyoku)
Penyimpangan seksual, abnormalitas seksual
変体仮名
(hentai gana)
Huruf Kana tidak standar, jenis huruf Kana. Merupakan varian huruf
Kana versi historik dari huruf Kana standar modern yang digunakan saat ini.
変態心理学
(hentai shinri gaku)
Psikologi abnormal. Merupakan salah satu cabang psikologi yang
berupaya untuk memahami pola perilaku abnormal dan cara
menolong orang-orang yang mengalaminya.

Psikologi abnormal mencakup sudut pandang yang lebih luas tentang perilaku abnormal
dibandingkan studi terhadap gangguan mental.
変態性
(hentai sei)
Penyimpangan seksual.
変体漢文
(hentai kanbun)
Bahasa Tiongkok klasik versi Jepang.
変態的
(hentai teki)
Abnormal
編隊飛行
(hentai hikou)
Formasi terbang (pesawat)
変態心理
(hentai shinri)
Mentalitas abnormal

Biar nggak penasaran, kita coba lihat juga yuk, contoh kalimat yang biasa dipakai dengan kata hentai yang tidak berhubungan dengan pornografi.

  • いも虫はチョウに変態する。
    (imo mushi wa chou ni hentai suru)
  • Ulat bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.
  • 編隊を組んで飛行する。
    (hentai o kunde hikou suru)
    Terbang dengan formasi.
  • 私の将来の夢は変態心理学者になることだ。
    (watashi no shourai no yume wa hentai shinri gaku sha ni naru koto da)
    Cita-cita saya di masa depan adalah menjadi psikolog (spesialis) abnormal.

Gimana, kata hentai nggak selalu tentang permesuman, kan? hehe

気持ち (kimochi)

Kosakata ini pun pasti nggak asing lagi, deh di telinga Mina san, khususnya penonton regular hentai! Hihihi. Kata kimochi juga sering kali masyarakat kita kaitkan dengan makna yang nakal.

Sama halnya dengan kosakata bahasa Jepang lainnya yang sudah dibahas sebelumnya di atas, kosakata kimochi ini pun tidak hanya berarti “perasaan enak” loh.

Arti 気持ち (kimochi)

Pada dasarnya, kata kimochi ini memiliki arti “perasaan” atau “feeling“. Bisa juga untuk menyatakan perasaan gelisah, tidak tenang, ataupun menyatakan perasaan jijik.

Nah, kalau yang Mina san maksud “(perasaan) enak” itu bukan kimochi, tapi “kimochi ii” atau “kimochi ga ii“. Bagaimana? sudah pusing, kan? Agar tidak terlalu pusing, kita simak dulu tabel ragam arti terkait dengan kosakata kimochi berikut!

気持ち
(kimochi)
Perasaan, mood, sensasi
気持ち悪い
(kimochi warui)
Perasaan buruk, merasa jijik, perasaan yang tidak menyenangkan, merasa tidak nyaman
気持ちいい
(kimochi ii)
Perasaan enak, merasa enak, merasa baik
気持ちよく
(kimochi yoku)
Perasaan nyaman, senang
気持ちが悪い
(kimochi warui)
Perasaan buruk, merasa jijik, perasaan yang tidak menyenangkan, merasa tidak nyaman
気持ちをリセットする
(kimochi o risetto suru)
Menghilangkan stress, (me-reset perasaannya)
気持ちを切り替える
(kimochi o kiri kaeru)
Mengubah mood, mengubah perasaan
気持ちを引き締める
(kimochi o hiki shimeru)
Memfokuskan perasaan,
気持ちを汲む
(kimochi o kumu)
Merasakan perasaan orang lain, bersimpati
気持ちをそらす
(kimochi o sorasu)
Mengalihkan perasaan

やめてください (yamete kudasai)

Seperti halnya 3 kosakata atau kalimat yang sudah kita bahas sebelumnya di atas, kalimat “yamete kudasai” ini sering juga dikaitkan dengan kalimat bermakna nakal. Sering muncul juga di tontonan hentai ya.

Sampai-sampai pada beberapa waktu lalu, ada sebuah lagu viral dengan pelesetan “yamet kudasi” yang gecar di sosial media. Padahal sebenarnya, kalimat ini hanya sekedar kalimat biasa, yang sama sekali tidak mengarah pada makna per-mesum-an.

Arti やめてください (yamete kudasai)

Frase “yamete kudasai” ini terdiri dari 2 kata, yakni kata “yamete” yang berasal dari kata bentuk kamus “yameru” dan kata “kudasai” yang merupakan pola perintah dalam bahasa Jepang.

Sehingga secara harfiah, frase ini berarti “tolong berhenti” yang mana sesuai dengan arti harfiahnya, kalimat ini diucapkan dengan maksud untuk menyuruh lawan bicara untuk berhenti melakukan sesuatu.

Baca Juga: Pola Kalimat Te-Kudasai

yamete bahasa jepang
Perubahan bentuk kata bentuk kamus “yameru” (jihoukei) ke bentuk perintah (meireikei)

Selain frase “yamete kudasai” ada juga beberapa kalimat lainnya yang bisa Mina san jadikan referensi,

  • おやめください (oyame kudasai) : tolong berhenti
  • やめていただけませんか (yamete itadakemasenka) : bisakah berhenti?
  • おやめいただけませんか (oyame itadakemasenka) : bisakah berhenti?

Lalu bisa juga diungkapkan dengan gaya bicara yang lebih sopan sepeti berikut,

  • ご遠慮ください (go enryo kudasai) : sungkanlah
  • お控えください (o hikae kudasai) : menahan diri lah

Kemudian bagaimana sih penggunaan kalimat “yamete kudasai” ini? Agar lebih jelas, bisa kita lihat dalam contoh kalimat di bawah ini :

  • ここでタバコを吸うのはやめてください。
    (koko de tabako o suu no wa yamete kudasai)
    Tolong untuk berhenti merokok di sini.

Untuk bentuk lainnya, bisa kita ucapkan seperti ini :

  1. ここでタバコを吸うのはおやめください。
    (koko de tabako o suu no wa oyame kudasai)
    Tolong untuk berhenti merokok di sini.
  2. ここでタバコを吸うのはやめていただけませんか。
    (koko de tabako o suu no wa yamete itadakemasenka)
    Bisakah untuk berhenti merokok di sini?
  3. ここでタバコを吸うのはご遠慮ください。
    (koko de tabako o suu no wa go enryo kudasai)
    Sungkan lah untuk merokok di sini.
  4. ここでタバコを吸うのはお控えください。
    (koko de tabako o suu no wa o hikae kudasai)
    Mohon menahan diri untuk merokok di sini.

Nah, setelah menyimak penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa makna kosakata atau kalimat bahasa Jepang yang viral karena satu dan dua hal itu memiliki arti yang luas, ya!

Keempat kata tersebut, yaitu yentai, yamete, kimochi dan ikeh bukan cuma bermakna mesum saja, seperti yang berseliweran di kolom komentar di sosial media, hehe!

source :

jisho.org
weblio.jp
Yuka, Matsushima, “yamete kudasai” to yanwari tsutaetai. Dou ieba enjoushinai?, otonasalone

Leave a Reply

Your email address will not be published.