Culture

Budaya Jepang: Setsubun

Setiap awal bulan Februari yaitu sekitar tanggal 2-4 Februari orang Jepang merayakan tradisi yang disebut「節分」setsubun. Sesuai kanjinya kata「節分」memiliki arti「季節の分かれ目」kisetsu wakareme atau sebagai tanda peralihan musim.

Tradisi setsubun adalah salah satu tradisi yang masih tersisa setelah perayaan tahun baru dan menjadi hari libur nasional. Apa saja yang dilakukan orang Jepang di hari setsubun cek penjelasan berikutnya.

setsubun budaya jepag oni mame
source: setsubun

1. 「豆まき」Mame maki

Tradisi yang sangat terkenal dari setsubun adalah melempar kacang atau「豆まき」mame maki. Kacang yang dipakai melempar disebut「福豆」fuku mame (kacang keberuntungan). Katanya dengan melempar kacang para roh jahat dan kesialan akan pergi.

Orang Jepang zaman dahulu percaya bahwa pada setsubun hari dimana pergantian musim terjadi para roh jahat dan kesialan akan datang.

Jadi, untuk mengusir itu semua mereka melempar kacang sambil bilang「鬼は外福は内」’oni wa soto fuku wa uchi’ artinya “roh jahat keluarlah, keberuntungan masuklah”.

Cara melempar kacang:

  • Melempar kacang dan menghadap ke arah luar rumah dengan bilang「鬼は外」’oni wa soto’
  • Melempar kacang dan menghadap ke dalam rumah dengan bilang「福は内」’fuku wa uchi’

Menurut tradisi cara makan fuku mame ini yaitu memakan jumlah kacang sesuai umur saat ini ditambah satu buah kacang. Misalnya, umur 22 ditambah satu buah kacang jadi makan kacang berjumlah 23 buah kacang.

2. 「恵方巻き」Ehou maki

source: ehoumaki

「恵方巻」Ehoumaki adalah salah satu hal yang identik dengan setsubun. Makanan ini memiliki bentuk sushi roll dalam bentuk panjang. Ada cara khusus untuk memakan ehoumaki yaitu dimakan tanpa berhenti dengan menutup mata sambil memanjatkan harapan.

Jadi, selama memakan ehoumaki kita tidak diperbolehkan untuk berbicara.

3. 「柊鰯」Hiiragi iwashi

source: Hiiragi iwashi

「柊鰯」Hiiragi iwashi ini adalah hiasan khas dari tradisi setsubun. Hiasan ini terdiri dari ikan sarden yang sudah dimasak dan dahan pohon hiiragi. Hiiragi iwashi selalu dipajang di pintu masuk atau gerbang rumah tujuannya supaya roh jahat tidak mau masuk.

Bau dari ikan sarden dimasak ini tidak disukai oleh roh jahat sedangkan untuk daun hiiragi yang pinggirannya berbentuk duri katanya bisa menusuk mata dari roh jahat.

4. Tradisi Setsubun saat ini

Tradisi setsubun saat ini semakin sedikit dirayakan terutama di kota besar akan sedikit ditemukan rumah atau apartemen yang menaruh hiasan hiiragi iwashi di pintu. Jika pergi ke supermarket atau minimarket akan banyak cemilan yang dijual berbau oni (monster), fuku mame dan ehoumaki.

Itulah hal-hal yang identik dengan tradisi Setsubun. Ada yang mau coba lempar kacang di rumah? Jangan lupa kalau udah selesai dibersihkan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.