Culture

Hal yang Mesti Diketahui tentang Kanji Jepang

Photo by Marco Zuppone on Unsplash

Kanji itu apa

Kanji adalah sebuah huruf yang memiliki arti dan cara baca tiap hurufnya masing-masing seperti simbol. Jika sebuah huruf kanji digabungkan dengan kanji lainnya maknanya akan berubah misalnya kanji telepon 電話 (denwa), terdiri dari kanji 電 (den) ‘listrik’ dan kanji 話 (hanashi) ‘cerita atau berbicara’.

Asal usul

Kanji adalah salah satu sistem penulisan yang diadaptasi dari bahasa Cina pada abad ke-8. Karena sebetulnya Jepang kuno mereka gak punya sistem penulisan atau huruf pada bahasanya.

Kanji ini sebetulnya sudah masuk ke Jepang dan diperkenalkan lewat jalur semenanjung Korea pada sekitar abad ke-5. Jadi gak heran beberapa sebutan bahasa Jepang terdengar mirip seperti bahasa Korea seperti 家族 (kazoku) keluarga atau 図書館 (toshokan) perpustakaan.

Jumlah kanji

Menurut para ahli bahasa Jepang kanji ada sekitar 10.000 buah, sedangkan yang tercatat dalam kamus besar Kanji atau 大漢和辞典 (daikanwajiten) terhitung ada 50.000 buah kanji.

Banyak banget dan kamusnya segede gaban. Tapi, tenang untuk sehari-hari cukup paham dan hafal kanji sebanyak 2000 buah dan kalau mau paham baca koran cukup 3000 buah. Supaya makin banyak paham dan hafal kanji, sering-sering tengok postingan pandaikotoba di instagram atau di website ya.

Cara penyebutan kanji

Saat kanji dikenalkan pada masyarakat Jepang penyebutannya terbagi dua penyebutan ala Cina dan penyebutan ala masyarakat Jepangnya sendiri. Sehingga ada dua macam penyebutan kanji, yaitu:

  • 音読み (onyomi) = penyebutan ala Cina
  • 訓読み (kunyomi) = penyebutan ala Jepang

Penyebutan ala Cina biasanya terdiri dari kosakata kombinasi dengan kanji lainnya seperti 電話 (denwa), 家族 (kazoku), 図書館 (toshokan), dan lainnya.

Penyebutan ala Jepang biasanya dikuti dengan huruf kanji di belakangnya.

Hiragana dan Katakana berasal dari Kanji

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahasa Jepang dulu tidak punya sistem penulisan. Untuk mempermudah orang Jepang membuat huruf hiragana dan katakana yang bentuknya berasal dari kanji.

平仮名 - Wikipedia
Asal huruf hiragana
何故、太古日本の神代文字は、学校で教えてもらえないのか?その① | kamiyonokioku®をおいもとめ・・・♪
Asal huruf katakana

Hiragana dan katakana dibaca berdasarkan silabel (ejaan a, i, u, e, o) berbeda dari huruf kanji yang dibaca seperti simbol. Huruf hiragana dan katakan masing-masing terdiri dari 46 huruf.

あいうえお | 気ままにタイ語
Daftar huruf hiragana dan katakana

Tips supaya hafal dan paham kanji gampang, harus suka dulu! hehe. Semangat belajar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi:

https://kanjitisiki.com/tisiki/02.html#:~:text=%E5%A4%A7%E4%BF%AE%E9%A4%A8%E6%9B%B8%E5%BA%97%E3%81%A7%E5%87%BA%E7%89%88,%E3%81%AE%E9%96%93%E3%81%AB%E7%BF%92%E3%81%84%E3%81%BE%E3%81%99%E3%80%82

https://www.britannica.com/topic/kanji

https://www.japan-guide.com/e/e2046.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.