Culture

Arubaito, Kerja Paruh Waktu di Jepang

Arubaito? Kerja paruh waktu di Jepang? Apakah minasan tau arubaito itu bukan berasal dari bahasa Jepang? Bedanya dengan paato apa? Aturan arubaito itu seperti apa? Supaya makin jelas cek artikel berikut!

pekerja magang di jepang arubaito
Photo by Pema Lama on Unsplash

アルバイト (arubaito) adalah istilah bahasa Jepang yang dipakai untuk menyebutkan kerja paruh waktu. Kata ini berasal dari kata serapan bahasa Jerman yaitu arbeit. Sebutan アルバイト (arubaito) sering dipersingkat menjadi バイト (baito).

Meski paruh waktu boleh berpindah-pindah dan memiliki periode bekerja singkat, di Jepang pekerjaan jenis ini tetap diberikan hak seperti asuransi, uang lembur, uang transportasi, dan cuti digaji (paid leave).

Arubaito bagi siswa asing

Bagi para siswa asing (留学生 ryuugakusei) yang mendapatkan izin dengan mendapatkan cap bertuliskan「資格活動許可」(shikaku katsudou kyoka) pada kartu izin tinggal atau 在留カード (zairyuu kaado), diperbolehkan arubaito dengan waktu kerja dibatasi dalam seminggu maksimal 28 jam. Apabila sekolah memasuki musim libur dalam sehari boleh bekerja sampai 8 jam. Namun, bagi siswa yang tidak mendapatkan cap atau izin, melakukan arubaito dianggap melanggar hukum.

Perbedaan istilah dengan パート (paato)

Dalam bahasa Jepang ada dua istilah yang artinya terdengar mirip yaitu アルバイト dan パート tapi memiliki perbedaan.

Setelah tadi sudah dijelaskan asal kata (アルバイト) arubaito berasal dari bahasa Jerman, パート (paato) berasal dari bahasa inggris yaitu part-time artinya, waktu bekerja yang lebih singkat dibandingkan dengan pegawai tetap (短時間労働 tanjikan roudou). Mirip dengan arti arbeit atau kerja paruh waktu ya.

Perbedaannya terjadi setelah tahun 1954 sebuah pusat perbelanjaan bernama 大丸百貨店 (Daimaru hyakkaten) mempopulerkan kata パートタイム (paato taimu) yang disingkat パート (paato) ini, untuk merekrut pekerja perempuan untuk bekerja paruh waktu di sana. Ternyata banyak perempuan yang bekerja paruh waktu di sana adalah ibu rumah tangga, yang kegiatannya sambil mengurus anak. Sejak saat itu istilah パート (paato) dipahami sebagai kerja paruh waktu bagi ibu rumah tangga dalam periode yang panjang.

Kebayang yah bedanya?

Yang harus disiapkan sebelum memulai Arubaito

Menurut kementerian tenaga kerja Jepang (労働省 roudoushou), ada tujuh hal yang harus diperhatikan sebelum memulai arubaito.

  1. Sebelum mulai arubaito, memastikan persyaratan bekerja.
    Seperti persyaratan, periode minimal kerja, tempat bekerja, apa pekerjaan yang akan dilakukan, jam mulai dan jam berakhir kerja, apakaha ada lembur, jam istirahat, dan lainnya. Supaya tidak ada keslahpahaman.
  2. Gaji baito harus dibayar sekaligus setiap bulan pada hari yang sudah ditetapkan dan harus diberikan langsung tanpa perantara.
    Namun, apabila pekerja sering terlambat sehingga mempengaruhi kondisi perusahaan, perusahaan boleh memotong gajinya dalam bahasa Jepang disebut 減給 (genkyuu).
  3. Meskipun arubaito, ada uang lembur.
    Uang lembur atau 深夜手当 (shinya teate) akan didapatkan jika bekerja diantara jam 10 malam sampai 5 pagi. Jumlahnya adalah tambahan 25 % dari upah selama satu jam yang sudah disepakati UMR atau disebut 割増賃金 (warimashi chingin).
  4. Meskipun arubaito, boleh mengambi cuti dibayar
    Cuti dibayar atau 有給休暇 (yuukyuukyuuka) apabila syaratnya terpenuhi. Syarat mendapatkan cuti dibayar adalah minimal sudah bekerja selama 6 bulan. Setelah 6 bulan akan mendapatkan libur 7 hari bagi yang bekerja di bawah 30 jam seminggu dan 10 hari bagi ang bekerja lebih dari 30 jam seminggu.

Baca juga: Kosakata Bahasa Jepang Tentang Gaji

Untuk yang bekerja lebih dari 30 jam seminggu:

勤続年数
(Renzoku nen suu)
Periode tahun bekerja
6 bln1 th 6 bln2 th 6 bln3 th 6 bln4 th 6 bln5 th 6 bln6 th 6 bln lebih
付与日数 (fuyo nissu)
Hari terhitung
10111214161820

Untuk yang bekerja kurang dari 30 jam seminggu:

週の所定
労働日数
(shuu no shotei roudou nissu)
hitungan hari bekerja selama satu minggu
年間所定
労働日数
(nenkan shotei roudou nissu)
hitungan hari selama setahun
6 bln1 bln 6 th2 th 6 bln3 th 6 bln4 th 6 bln5th 6 bln6 th 6bln lebih
4 hari169-21678910121315
3 hari121-168566891011
2 hari73-1203445667
1 hari48-721222333
  1. Meskipun arubaito, mendapatkan asuransi kecelakaan kerja.
    Asuransi kecelakaan kerja disebut juga 労災保険 (rousaihoken) didapatkan meskipun satu hari bekerja. Kecelakaan saat di perjalanan menuju tempat kerja juga ditanggung asuransi ini. Semua biaya digratiskan. Selama perawatan perusahaan harus membayar gaji 80% dari gaji selama 4 hari bekerja. Setelah selesai perawatan selama 30 hari perusahaan tidak boleh memecatnya.
  2. Meskipun arubaito, perusahaan tidak bisa seenaknya memecat.
    Saat memecat perusahaan harus memberitahu pegawai arubaito minimal 30 hari sebelumnya. Jika kurang dari 1 hari maka perusahaan wajib membayar upah yang disebut 解雇予告手当 (koyou yokoku teate). Hitungan upahnya adalah hari yang tidak diberitahu pada jangka waktu 30 hari. Misalnya, perusahaan memberi tahu 10 hari sebelum hari resmi dipecat. Berarti sisa hari tidak diberi tahu adalah 20 hari, 20 hari dikali upah UMR per hari.
  3. Saat ada masalah arubaito, sebaiknya diskusikan dengan 総合労働相談コーナ (sougo roudou soudan koonaa) atau layanan konsultasi pekerja.
    Layanan konsultasi ini bisa membicarakan apapun tentang pekerjaan termasuk いじめ (ijime) atau bullying atau kekerasan dalam bekerja. 相談 (soudan) atau konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Jepang ternyata sangat detail mengurus aturan arubaito ini sehingga pegawai part time bisa mendapatkan hak-haknya. Menarik ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber:

https://osaka-immigration.com/caution5

アルバイトとパートに違いはあるの? それぞれの特徴や待遇を解説|コールセンターのアルバイト求人はエボジョブ (evojob.com)

アルバイトを雇う際、始める前に知っておきたいポイント|確かめよう労働条件:労働条件に関する総合情報サイト|厚生労働省 (mhlw.go.jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.