Entertainment

Nostalgia Yuk Dengan Anime Ranma ½ Terbaru, Tayang 5 Oktober 2024!

Konnichiwa, minasan~~~ Siapa nih yang belum tahu dengan anime Ranma ½? Anime legenda ini akan tayang lagi nih di bulan Oktober 2024 ini. 

Buat yang belum tahu anime yang dikenal dengan nama “Ranma” ini menceritakan tentang Ranma yang berubah menjadi wanita dan ayahnya yang berubah menjadi panda saat terkena air panas. Sejak itu, kehidupan mereka menjadi lebih seru karena mereka juga harus kucing-kucing dengan orang yang tidak tahu perubahan wujud mereka. 

Buat yang mau berkenalan atau mau bernostalgia, yuk kita kenalan dengan anime Ranma ½!

Ranma

Kutukan Air Panas

Saotome Ranma dan Tendo Akane, putri ketiga dari dojo Tendo, bertunangan dan akan menikah berdasarkan perjanjian.

Namun Ranma punya masalah…

Dalam perjalanan latihan di Pegunungan Bayankala di Provinsi Qinghai, Tiongkok, Ranma Saotome dan ayahnya Genma jatuh ke mata air terkutuk di Jusenkyo (呪泉郷). Mata air terkutuk itu menyebabkan siapa pun yang menderitanya akan berubah wujud menjadi apapun yang tenggelam di sana ratusan atau ribuan tahun lalu setiap kali mereka bersentuhan dengan air dingin, yang akan kembali wujud saat bersentuhan dengan air panas, tetapi kembali wujud saat terkena air dingin.

Genma jatuh ke mata air panda yang tenggelam, sementara Ranma jatuh ke mata air seorang gadis yang tenggelam.

Karakter

Ranma Saotome

Pengisi Suara: Kappei Yamaguchi & Megumi Hayashibara

Selama pelatihannya di Tiongkok, ia jatuh ke Mata Air Jusenkyo, dan dirasuki kondisi unik di mana ia akan berubah menjadi wanita setiap kali ia disiram air.

Ia adalah master generasi kedua dari gaya bertarung tanpa pandang bulu Saotome, dan bertunangan dengan Akane Tendo atas persetujuan bersama orang tua mereka. Saat ini ia tinggal bersama ayahnya, Genma, di rumah tangga Tendo.

Ranma
Saotome Ranma, Ranma, Akane Tendo

Akane Tendo 

Pengisi Suara: Noriko Hidaka

Putri ketiga dari keluarga Tendo dan kepala kedua dojo Tendo, ia memiliki kemampuan fisik yang luar biasa dan bakat dalam bertarung. Ia adalah siswi tahun pertama di Sekolah Menengah Furinkan. Meskipun ia dan tunangannya Ranma berselisih satu sama lain, ia juga menunjukkan sisi baiknya dari waktu ke waktu.

Nabiki Tendo 

Pengisi Suara: Minami Takayama

Dia adalah putri kedua dari keluarga Tendo dan siswi tahun kedua di Sekolah Menengah Atas Furinkan. Dia dikenal sebagai orang yang sangat pelit dan realistis yang menghasilkan uang kapanpun dia bisa, apapun situasinya.

Kasumi Tendo 

Pengisi Suara: Kikuko Inoue

Putri tertua dari keluarga Tendo. Dia adalah orang yang dapat diandalkan yang mengelola semua pekerjaan rumah tangga menggantikan mendiang ibunya. Dia sangat tenang dan baik hati, dan kepribadiannya digambarkan sebagai “seperti seorang bodhisattva.” Dia berjalan dengan kecepatannya sendiri dan tidak terpengaruh apapun yang terjadi.

Ranma
Nabiki Tendo, Kasumi Tendo, Soun Tendo

Soun Tendo

Pengisi Suara: Akio Otsuka

Dia adalah pemilik Tendo Dojo, sebuah dojo yang mengajarkan pertarungan tanpa pandang bulu, dan ayah Akane serta ketiga adik perempuannya. Dia memiliki reputasi baik sebagai seniman bela diri dan sering menerima berbagai pertanyaan dari lingkungan sekitar. Dia adalah sesama murid dan teman dekat ayah Ranma, Saotome Genma, dan telah berjanji untuk menjadikan putrinya sebagai istri Ranma.

Genma Saotome

Pengisi Suara: Cho

Ayah Ranma dan seorang ahli gaya bertarung tanpa pandang bulu Saotome. Selama pelatihannya di Tiongkok, ia jatuh ke Mata Air Penenggelaman Panda di Desa Mata Air Terkutuk, dan ketika ia terendam air, ia berubah menjadi seekor panda. Ia adalah sesama murid dan sahabat ayah Akane, Tendo Soun.

Ryoga Hibiki

Pengisi Suara: Koichi Yamadera

Dia adalah teman sekelas Ranma di sekolah laki-laki dan merupakan saingannya. Dia memiliki indra arah yang buruk dan tidak dapat menemukan lokasi duel. Dia mengikuti Ranma ke Cina, tetapi jatuh ke Mata Air Tenggelam Babi Hitam di Mata Air Terkutuk, dan mengembangkan konstitusi unik di mana dia berubah menjadi anak babi hitam setiap kali dia terkena cipratan air.

Ranma
Genma Saotome, Ryoga Hibiki, Shampoo

Shampoo

Pengisi Suara: Rei Sakuma

Dia adalah putri dari suku prajurit wanita dan cukup terampil untuk memenangkan turnamen bela diri desa. Sepertinya dia mengikuti Ranma ke Jepang.

Tatewaki Kuno

Pengisi Suara: Tomokazu Sugita

Siswa tahun kedua di SMA Furinkan dan teman sekelas Tendo Nabiki. Dia adalah kapten klub kendo dan menyebut dirinya “bintang baru dunia kendo SMA, guntur biru SMA Furinkan.” Dia punya perasaan pada Akane.

Kodachi Kuno

Pengisi Suara: Ayane Sakura

Dia adalah adik perempuan Kuno Tatewaki dan siswi SMA tahun pertama di Akademi Putri St. Hebereke. Seorang ahli senam ritmik dan dikenal dengan julukan “Black Rose Short Sword.”

Ranma
Tatewaki Kuno, Kodachi Kuno, Tofu Ono, Mikado Sanzenin dan Azusa Shiratori

Tofu Ono

Pengisi Suara: Toshiyuki Morikawa

Dokter muda dari Klinik Ortopedi Kono. Ia adalah seorang ahli dalam penataan tulang, sangat memahami tubuh manusia, dan juga ahli bela diri. Nama spesimen kerangka miliknya adalah Betty.

Mikado Sanzenin

Pengisi Suara: Mamoru Miyano 

Seorang siswa SMA yang bersekolah di Kolkhoz Academy High School. Ia dipasangkan dengan Shiratori Azusa sebagai pasangan emas untuk skating berpasangan. Ia seorang narsisis dan selalu memikirkan wanita.

Azusa Shiratori

Pengisi Suara: Aoi Yuki

Seorang siswa SMA yang bersekolah di Kolkhoz Academy High School. Bersama Mikado Sanzenin, mereka dikenal sebagai Golden Pair of Fighting Pair Skating. Dia menyukai hal-hal yang lucu, dan ketika dia melihat sesuatu yang dia sukai, dia memberinya nama dan membawanya pulang.

Manga

Minasan, anime Ranma ½ tidak lepas dari manga. Manga Ranma ½ ini ditulis dan diilustrasikan oleh Rumiko Takahashi, Ranma ½ mulai diterbitkan dalam antologi manga shōnen Weekly Shōnen Sunday edisi #36 yang diterbitkan pada tanggal 19 Agustus 1987, setelah berakhirnya seri Urusei Yatsura miliknya.

Dari bulan Agustus 1987 hingga Maret 1996, manga ini diterbitkan hampir setiap minggu dengan halaman berwarna sesekali untuk mempercantik cerita yang biasanya hitam putih. Setelah hampir satu dekade alur cerita, bab terakhir diterbitkan dalam Weekly Shōnen Sunday edisi #12 pada tanggal 6 Maret 1996.

Ranma
Manga Ranma 1/2

Sebanyak 407 bab dikumpulkan dan diterbitkan secara berkala oleh Shogakukan menjadi total 38 volume tankōbon hitam putih dari tahun 1988 hingga 1996. Mereka disusun kembali dalam 38 shinsōban dari bulan April 2002 hingga bulan Oktober 2003.

Edisi Khusus Shōnen Sunday untuk semua 20 volume diterbitkan dari tahun 2016 hingga 2018. Edisi ini memuat serangkaian wawancara dengan Rumiko Takahashi yang berjudul “The Making of Ranma.”

PV Anime Ranma ½ 

Minasan, adaptasi anime baru dari Ranma ½ diumumkan di Weekly Shōnen Sunday pada tanggal 26 Juni 2024. Serial televisi ini diproduksi oleh MAPPA dan disutradarai oleh Kōnosuke Uda. Sebagian besar pengisi suara Jepang asli untuk karakter utama akan mengulangi peran mereka.

Serial anime ini akan tayang perdana pada tanggal 5 Oktober 2024, di Nippon Television, dengan Netflix melisensikannya untuk streaming di seluruh dunia setiap minggu mulai tanggal 6 Oktober di tahun yang sama. Lagu tema pembuka dibawakan oleh Ano. Untuk PV animenya bisa dilihat disini ya:

Announce PV Anime Ranma ½

Trailer 1 Anime Ranma ½


Nah, buat minasan yang belum pernah menonton anime Ranma ½ atau mau nostalgia dengan anime ini, jangan lupa dicatat tanggal tayangnya ya, minasan. Jangan sampai ketinggalan ya!

Buat kalian yang sedang mencari info tentang Jepang mulai dari anime, drama atau bahasa dan budaya Jepang, bisa mampir ke pandaikotoba ya, karena banyak info yang akan kalian dapatkan di pandaikotoba. 

Dewa, author akhiri artikel ini sampai disini ya, sampai bertemu di artikel anime dan drama yang lainnya ya. Mata nee~~~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *