Kosakata

Istilah Penyakit Gangguan Mental dalam Bahasa Jepang

Minasan artikel pandaikotoba kali ini akan membahas tentang gangguan mental dalam bahasa Jepang. Penyakit mental yang ditulis ini adalah penyakit mental yang terdaftar pada kementerian kesehatan Jepang (厚生労働省 kousei roudoushou).

mental health bahasa jepang gangguan mental
Photo by Emily Underworld on Unsplash

依存症 (izonshou): gangguan kecanduan

Kecanduan dikategorikan penyakit gangguan mental karena bisa memberikan efek berbahaya seperti kekerasan pada lingkungan sekitar.

Kosakata lain yang terkait penyakit ini adalah:
アルコール依存症 (arukooru izonshou): gangguan kecanduan alkohol
薬物依存症 (yakubutsu izonshou): gangguan kecanduan obat
ギャンブル依存症 (gyanburu izonshou): gangguan kecanduan judi

うつ病 (utsubyou) = depresi

Utsubyou diakibatkan karena stress yang menumpuk sehingga membuat pikiran selalu sedih, murung, dan terpukul. Apapun yang dilakukan tidak bisa merasa senang. Nafsu makan tidak ada dan tubuh mudah lelah.

Kosakata terkait:
・精神的ストレス (seishin teki sutoresu): stres pikiran
・身体的ストレス (shintai teki sutoresu): stres fisik
・精神科 (seishinka): psikiater
・心療内科 (shinryou naika): spesialis psikosomatik
・うつ病を克服する (utsubyou o kokufuku suru): menyembuhkan depresi

強迫性障害 (kyouhakusei shougai): Obsessive–compulsive disorder (OCD)


Gangguan mental ini adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Kalau tidak melakukan berulang-ulang penderit akan mengalami kecemasan dan ketakutan.

摂食障害 (sesshoku shougai): gangguan makan (eating disorder)


Gangguan yang terjadi dari cara makan dan jumlah porsi makanan yang tidak normal sehingga menganggu kesehatan tubuh. Gangguan makan bisa kelebihan makan bisa juga kekurangan makan.

Kosakata terkait:
・神経性やせ症 (shinkeisei yaseshou) = anorexia nervosa
・神経性過食症 (shinkeisei kashokushou) = bulimia nervosa
・過食性障害 (kashokusei shougai) = gangguan makan berlebih

双極性障害/躁うつ病 (soukyokusei shougai/sou utsubyou) = penyakit bipolar


Bipolar adalah gangguan mental yang dimana seseorang memiliki dua kepribadian. Gejalanya mirip utsubyou tapi lebih ekstrem. Kondisi perasaan bisa tiba-tiba sangat sedih dan tiba-tiba sangat bahagia.

てんかん (tenkan) = epilepsi


Gangguan sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik otak yang tidak normal sehingga bisa menyebabkan kejang atau kehilangan kesadaran

統合失調症 (tougou shicchousshou): skizofrenia


Gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.

Kosakata terkait:
・幻覚 (genkaku): halusinasi
・妄想 (mousou): delusi

認知症 (ninchishou) = demensia


Penyakit gangguan mental yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini punya dampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari penderitanya.

Kosakata terkait:
・アルツハイマー型認知症 (arutsuhaimaa gata ninchishou): alzheimer demensia
・血管性認知症 (kekkansei ninchishou): demensia akibat penyempitan pembuluh darah di otak

パーソナリティー障害 (paasonaritii shougai) = gangguan kepribadian


Gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya memiliki pola pikir, perilaku, serta perasaan yang tidak sehat. Pada umumnya mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain dan memahami situasi. Gangguan ini berdampak pada aktivitas sehari-hari, aktivitas sosial, termasuk menghadapi stres. Penderita gangguan ijuga terkadang tidak dapat membedakan mana yang normal dan tidak. Ia menganggap bahwa perilaku dan cara berpikirnya tampak alami dan tidak memiliki masalah.

発達障害 (hatatsu shougai) = gangguan intelektual


Gangguan perkembangan otak yang membuat seseorang kesulitan belajar, bahkan dalam hal dasar seperti berbicara, membaca, dan menulis. 

パニック障害/不安障害 (panikku shougai/fuan shougai) = gangguan kepanikan (panic disorder) dan gangguan kecemasan (anxiety disorder)


Gangguan kepanikan adalah suatu perasaan takut yang muncul secara tiba-tiba dan terasa intens, seperti tiba-tiba pusinh, tangan berkeringat, menggigil tanpa penyebab yang jelas. Gangguan kecemasan adalah kecemasan yang tidak bisa dikontrol.

心的外傷後ストレス障害/PTSD (shinteki gaishougo sutoresu shougai) = Post Traumatic Stress Disorder atau gangguan stres pascatrauma


Gangguan kesehatan mental yang muncul setelah seseorang mengalami atau menyaksikan peristiwa yang tidak menyenangkan. Gangguan kecemasan ini selalu membuat penderitanya teringat pada kejadian traumatis.

Nah, itulah beberapa istilah gangguan mental dalam Bahasa Jepang. Terus ikuti artikel-artikel Pandai Kotoba lainnya tentang kosakata Bahasa Jepang untuk menambah asupan wawasan kebahasaan kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.