Culture

3 Karakter Hikikomori Dalam Anime

Ada beberapa karakter anime yang mencerminkan pribadi seseorang yang Hikikomori. Siapa sajakah mereka? Yuk kita ulas satu demi satu.

Karakter Hikikomori Dalam Anime
Welcome To NHK. (Foto: Zenplus)

Arti Kata Hikikomori

Sebelumnya, mari kita bahasa terlebih dahulu mengenai arti kata Hikikomori. Hikikomori merujuk pada seseorang yang menutup diri (hikikomoru 引きこもる) dengan cara berdiam diri di rumah atau kamar.  

Kata hikikomori (引きこもり) adalah kata hasil penggabungan dua kata kerja hiku (引く) dengan kata komoru (籠もる). Artinya:

  • hiku (引く) : Menarik atau mundur
  • komoru (籠もる) : Mengurung diri

Ketika kedua kata tersebut digabung artinya menjadi menarik diri atau mengurung diri.

Secara fenomena makna kata kerja hikikomoru menjadi menarik diri atau mengasingkan diri dari kehidupan sosial dengan mengurung diri di suatu tempat, seperti rumah atau kamar.

Mengingat hikikomoru adalah kata kerja, maka hikikomori adalah konjugasi dari hikikomoru. Konjugasi lainnya dari hikikomoru di antaranya:

  • hikikomotta 引きこもった. (Telah mengurung diri. (bentuk lampau))
  • hikikomoranai 引きこもらない. (Tidak mengurung diri. (bentuk negatif))
  • hikikomoritai 引きこもりたい. (Ingin mengurung diri.)

Kata yang sedang menjadi isu populer belakangan ini, yaitu hikikomori biasa disingkat menjadi hikki ヒッキー saja.

Hikikomori Dalam Karakter Anime

Biasanya, karakter hikki dalam cerita anime digunakan sebagai konflik dasar cerita. Segala pergulatan batin menjadi seorang hikki ketika dihadapkan pada dunia luar yang mereka hindari.

Mengingat isu hikikomori menjadi aktual beberapa tahun terakhir ini, maka ada beberapa karakter anime yang bisa dibilang adalah seorang hikki.

Penasaran siapa saja mereka? Yuk kita intip.

Tatsuhiro Satou (Welcome to NHK)

Tatsuhiro Satou. (Foto: Fandom)

Tatsuhiro Satou adalah karakter dalam manga dan serial anime berjudul Welcome to NHK. Ia berusia 22 tahun, dan sudah empat tahun lamanya menjalani hikikomori.

Tatsuhiro drop out dari kampusnya. Ia digambarkan sebagai karakter yang tampak ditakdirkan untuk membusuk seorang diri di kamar apartemennya. Sampai kemudian hari, ia bertemu dengan seorang perempuan misterius yang berniat untuk menyelamatkannya dari gaya hidup hikikomori.

Tampilan

Tatsuhiro Satou adalah seorang pria tinggi nan kurus. Kantong mata bergelayut jelas di bagian bawah matanya. Berambut acak-acakan, dan kerap terlihat menghisap rokok Marlboro.

Setiap kali ia keluar kamar, ia akan mengenakan topi dan jaket lengkap dengan kacamata. Tampak terlihat seperti seorang penguntit.

Kepribadian

Kepribadian Tatsuhiro digambarkan sebagai seorang paranoid, sangat tidak stabil dan kerap berdelusi. Ia yakin bahwa dirinya adalah sasaran dari sebuah konspirasi bernama NHK. Agar NHK tidak menghancurkan dunia, maka ia harus terus mengurung dirinya di dalam kamar.

Namun, seiring berjalannya cerita, pernyataan Tatsuhiro tersebut hanyalah alasan untuk membenarkan gaya hidupnya yang memilih hidup sebagai seorang hikki.

Terlepas dari itu, Tatsuhiro adalah pribadi yang penuh dengan pikiran cabul. Kerap ia berfantasi mesum tentang Misaki, Hitomi atau Yamazaki.

Selain itu, Tatsuhiro adalah seorang pemalas yang penuh keragu-raguan. Jauh di lubuk hatinya, ia sendiri menyadari bahwa gaya hidup hikikomori-nya adalah tidak sehat. Ia punya niat untuk terlepas dari hikikomori.

Namun segala upaya tidak berlangsung lama, karena ia akan cepat menyerah dan berubah pikiran.

Tatsuhiro pun adalah seorang pembohong yang buruk. Ia sering mendapat masalah ketika masih di sekolah dasar, dan ketika ibunya memarahinya atas kesalahan yang diperbuatnya, ia akan berbohong dan menimpakan kesalahan itu pada orang lain.

Namun ketika suatu kali ibunya benar-benar percaya salah satu kebohongannya, hati Tatsuhiro sangat hancur dan dia bersumpah untuk tidak pernah berbohong pada ibunya lagi.

Karena peristiwa masa kecilnya itulah, setiap kali Tatsuhiro berbohong maka ia akan sangat merasa frustrasi dan amat sangat merasa bersalah. Sehingga orang lain bisa dengan mudah mengetahui bahwa Tatsuhiro sedang berbohong.

Pada saat yang sama, Tatsuhiro bisa dengan mudah melihat kebohongan Misaki. Tatsuhiro mencurigai bahwa ada motif lain di balik bantuan Misaki padanya.

Kazuma Satou (KonoSuba)

kazuma satou hikikomori anime jepang
Kazuma Satou. (Foto: Pashalovarian)

Kazuma Satou adalah karakter protagonis dari serial KonoSuba (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo). Ia mengalami reinkarnasi ke Fantasy World setelah sekarat.

Kazuma adalah seorang pelajar yang sering bolos dan memilih untuk bermalas-malasan di rumah sambil bermain video game.

Kemudian dia meninggal dalam sebuah kecelakaan dan tiba-tiba dikirim ke Fantasy World untuk mengalahkan Demon King, raja iblis yang menindas orang-orang di Fantasy World.

Tampilan

Kazuma Satou, seorang pria berambut kecoklatan, bermata hijau, dengan tinggi badan 165 cm dan berat 54 kg.

Pada awalnya, ia terbiasa mengenakan pakaian olahraga berwarna hijau. Tetapi, kemudian ia menggantinya dengan pakaian khas petualang yang terdiri dari mantel hijau dengan corak kuning emas, atasan putih, celana panjang dan sepatu bot terbuat dari kulit.

Di pinggangnya tersemat sebilah pendak pendek, yang kemudian tergantikan oleh katana yang disebut Chunchunmaru.

Kepribadian

Sebelum kehidupannya di Fantasy World, Kazuma adalah seorang hikikomori. Nyaris sepanjang waktu ia menghabiskan waktunya di rumah sambil bermain video game dan bermalas-malasan.

Beberapa sifat dari seorang hikki kemudian akan terus terbawa sampai Kazuma hidup di Fantasy World. Seperti ketika ia sangat gugup ketika bertemu Darkness yang cantik. Atau ketika ia tiba-tiba ingin rebahan seharian sambil menghangatkan diri dalam Kotatsu.

Setelah kehidupannya berpindah ke Fantasy World, Kazuma berubah dari seorang hikki yang anti-sosial, menjadi seseorang yang lebih supel dan cair dalam pergaulan. Juga, ia memiliki tekad untuk menjadi seorang petualang.

Meskipun begitu, Kazuma semakin pesimis dengan kehidupannya di Fantasy World setelah menemukan beberapa kenyataan pahit yang harus dihadapinya. Di antaranya, gaji yang rendah dan tidak sebanding dengan pekerjaannya sebagai petualang yang beresiko mengancam nyawa.

Sepanjang serial ini, Kazuma digambarkan sebagai karakter yang sarkastik, sinis dan blak-blakan. Ia akan dengan mudah mengatakan apa yang dipikirkannya mengenai apapun. Kazuma pun terbuka dengan keluhannya ketika ia menghadapi kesulitan. Ia mudah marah dan tertekan ketika menghadapi situasi yang tidak menguntungkannya.

Terlepas dari sikapnya yang blak-blakan, sinis menjurus kasar, Kazuma tetaplah berhati baik. Kazuma kerap dipandang sebagai seseorang yang dapat diandalkan di saat-saat kritis. Ia bisa tiba-tiba memiliki ide cerdas dan mampu memimpin anggota tim lainnya.

Dengan kata lain, Kazuma bersedia melakukan apapun untuk membantu rekan setimnya.

Di balik keberaniannya sebagai seorang petualang, Kazuma memiliki sisi yang tidak bisa dibilang heroik juga. Ia kerap mencap dirinya sebagai “pendukung kesetaraan gender”, yang sebenarnya ia manfaatkan sebagai kedok belaka untuk mencuri celana dalam wanita.

Kuroki Tomoko (WataMote)

kuroki tomoko hikikomori anime jepang
Kuroki Tomoko. (Foto: Fandom)

Dalam anime WataMote (Watashi ga Mottenai no wa Dou Kangaetemo Omae ga Warui!) karakter Kuroki Tomoko digambarkan sebagai gadis paling canggung dalam kehidupan sosial, terlalu banyak berpikir dibandingkan berbicara, dan sebisa mungkin menghindari orang-orang layaknya wabah penyakit menular.

Kuroki seringkali merasa rendah diri dalam pergaulan kehidupan sosialnya, dan serial WataMote berkisah tentang Kuroki Tomoko yang ingin menjadi populer di sekolahnya.

Tampilan

Tomoko Kuroki berkulit pucat, bermata hijau dengan bayang-bayang ungu di bagian bawahnya. Rambut lurusnya yang hitam panjang tak terurus, dibiarkan begitu saja menutupi mata sebelah kanannya.

Tomoko memiliki lingkar wajah yang terbilang kecil dibandingkan dengan teman-temannya. Sosoknya pun lembut, ringkih dan mungil.

Ketika ia tengah mengkhayal, dalam khayalannya ia berubah menjadi seorang wanita tinggi, berisi dan menggoda, sangat berbanding terbalik dengan kenyataannya.

Kepribadian

Suram, tampaknya itulah pandangan hidup dari seorang Tomoko Kuroki. Terlihat ketika ia sedang melamun, ia membayangkan dirinya sedang mengendarai sepeda motor hanya agar celaka dan berakhir di rumah sakit.

Keinginannya untuk menjadi populer di sekolah pun sulit tercapai. Mengingat Tomoko kerap mengatakan segala sesuatunya tanpa “filter” dan justru membuat orang-orang berpandangan negatif padanya.

Ide-ide dan rencananya untuk mendapatkan perhatian agar menjadi populer pun berakhir dengan kegagalan.

Sebagian besar jalan cerita berada di dalam kepala Tomoko. Ia kerap berpikir berlebihan, berbicara dalam pikirannya, mengomel, mengomentari segala sesuatunya hanya dalam kepalanya.

Tingkah lakunya yang canggung dianggap aneh oleh orang-orang di sekitarnya. Selain itu, ia pun terlalu bereaksi berlebihan terhadap hal-hal kecil yang kerap dibesar-besarkan oleh pikirannya sendiri.

Contohnya, ketika ia melihat teman-temannya sekelasnya di “Wcdonalds”, Tomoko sampai-sampai harus menyamar untuk menghindari mereka. Mungkin, imajinasinya-lah yang memicu Tomoko untuk bereaksi berlebihan pada sesuatu hal kecil yang kerap ia besar-besarkan sendiri.

Mau Jadi Hikikomori?

Jika kamu ingin menjadi seorang hikikomori, maka ikutilah langkah demi langkah sederhana berikut ini. Kami jamin, kamu akan sepenuhnya bergaya hidup hikikomori.

  1. Diamlah di kamar, jangan ke mana-mana
  2. Ulangi poin satu seterusnya

Berminat? Mungkin jika kamarmu tidak bertoilet agak sulit mencapai hikikomori level tertinggi, apalagi jika kamu tengah malam punya kebiasaan mendadak lapar dan mesti ke dapur untuk masak mie instan.

Sementara itu, pada tahun 2004, Kementrian Kesehatan Jepang mendefinisikan hikikomori sebagai kegiatan yang dilakukan seseorang dengan memenuhi semua kriteria di bawah ini:

  • Seseorang yang tidak pergi sekolah atau bekerja
  • Seseorang yang amat sangat jarang berinteraksi dengan orang lain selain keluarga utamanya sendiri
  • Seseorang yang mengasingkan dirinya sendiri dari kehidupan sosial selama 6 bulan tanpa pernah ke mana-mana.

Nah, apakah kamu salah satunya?


Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published.