Culture

‘Ojigi’ お辞儀 Salam Khas Orang Jepang

お辞儀 (ojigi) adalah salam membungkukkan badan khas ala orang Jepang saat bersapa atau berkenalan. Tidak hanya itu saja, ojigi sering dilakukan di berbagai situasi seperti meminta maaf. Cara membungkukkan badan pada ojigi memiliki banyak jenis, tergantung situasi yang sedang dihadapi. Lewat artikel ini pandaikotoba akan membahas lebih dalam tentang Ojigi. Langsung scroll ke bawah aja.

秘書検定面接試験に必須のおじぎは4種類《図解》 | 秘書検定面接試験での動作 | 秘書検定準1級面接試験情報サイト秘書のまど
sumber: https://pricra.net/220-2/104-2/

Tujuan お辞儀 (ojigi)

Ojigi dilakukan untuk menghormati lawan bicara. Menurut sejarah budaya Jepang kebiasaan ojigi ini sudah ada sejak zaman Asuka atau 飛鳥時代 (asuka jidai/592 Masehi) dan ada pengaruh dari kebudayaan China.

Situasi saat melakukan お辞儀 (ojigi)

Dalam keseharian orang Jepang, ojigi sering dilakukan pada situasi berikut:

  • 挨拶をする時 (aisatsu o suru toki) = saat menyapa
  • お礼を言う時 (orei o iu toki) = saat berterima kasih
  • 謝罪をする時 (shazai o suru toki) = saat meminta maaf
  • お願いをする時 (onegai o suru toki) = saat memohon kepada seseorang
  • 寺社へ参拝する時 (jisha e sanpaisuru toki) = saat berkunjung ke kuil (otera) atau jinja

Kebiasaan ojigi in cukup mengakar di orang Jepang karena bahkan saat menelepon pun reflek orang Jepang akan melakukan ojigi.

Jenis お辞儀 (ojigi)

Ada tiga buah jenis ojigi dalam budaya Jepang. Hal yang membedakan ojigi ini adalah situasi yang dihadapi dan berapa kemiringan saat membungkukkan badan.

  1. 会釈 (eshaku)
    Eshaku adalah 軽いお辞儀 (karui ojigi) ojigi ringan yang dipakai saat berpapasan atau menyapa. Kemiringan saat membungkukkan adalah 15 derajat.
  2. 中礼/敬礼 (chuurei/keirei)
    Chuurei atau keirei adalah 一般的なお辞儀 (ippan na ojigi) ojigi yang pada umumnya dipakai saat berbagai situasi. Seperti berkenalan, menyapa secara formal, berterimakasih, dan meminta maaf. Kemiringan saat membungkukkan bada adala 30 derajat.
  3. 最敬礼 (saikeirei)
    Saikeirei adalah 最も丁寧なお辞儀 (mottomo teinei na ojigi) ojigi yang sangat sopan. Dipakai saat ingin menunjukkan rasa berterima kasih sangat dalam, saat meminta maaf karena melakukan kesalahan berat, dan saat memohon hal sangat penting kepada lawan bicara. Kemiringan saat membungkukkan badan adalah dari 45 sampai 90 derajat.

Saat membungkukkan badan posisi lengan juga diatur. Untuk laki-laki posisi lengan sejajar dengan garis pinggir vertikal jahitan baju, sedangkan untuk perempuan tangan ditaruh di atas perut bagian bawah. Lihat gambar berikut,

男性のお辞儀のイラスト「敬礼礼」
Posisi tangan untuk laki-laki
Posisi tangan perempuan

Ojigi ini akan kita sering dilakukan secara langsung jika kita berada di dunia bisnis Jepang sebagai pekerja. Selain itu umumnya jarang dilakukan.

Semoga penjelasan tentang ojigi ini bermanfaat. Samapi jumpa di artikel selanjutnya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.