Culture

Membedah Bagian-Bagian Pakaian Tempur Samurai

Legenda samurai seakan-akan merasuk ke dalam budaya Jepang itu sendiri. Samurai yang patuh dan taat pada tugas, tangguh, dan tetap tabah terikat pada jalan bushido, serta melindungi tuan dan majikan mereka dengan cara apapun.

Untuk menjalankan bakti dan tugasnya tersebut, Samurai memerlukan peralatan seperti katana, busur dan anak panah dan juga jangan sampai terlewat, mereka pun butuh pakaian tempur alias armor.

Armor samurai memiliki tampilan yang mencolok dalam usaha untuk mengintimidasi lawan. Hal ini adalah sebuah kesengajaan, karena para ksatria ini ingin menakuti-nakuti lawannya dalam medan pertempuran.

pakaian tempur samurai

Beberapa detil ditempa dalam armor Samurai, detil yang cukup rumit namun sangat tahan lama dan tahan uji. Mari kita lihat lebih dekat bagian-bagian apa saja yang termasuk dalam pakaian tempur Samurai dan bagaimana itu ditempa.

Proses Konstruksi Pakaian Tempur Samurai

Terdapat beberapa gaya yang berbeda dalam pakaian tempur Samurai, namun proses konstruksinya relatif sama. Armor Samurai terbuat dari besi dan kulit yang disambung menggunakan paku keling dan tali makrame.

Di kediaman para bangsawan biasanya memili tali yang terbuat dari sutra dengan pola tertentu. Tali yang disusun dari 100 helai benang sutra dengan pengerjaan selama berbulan-bulan. Bahan-bahan untuk membuat pakaian tempur sebisa mungkin harus ringan untuk mendukung gerak Samurai ketika bertempur, seperti memanah, menunggang kuda dan memainkan pedang.

Satu set lengkap pakaian tempur Samurai terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut.

Dou

Dou adalah bagian utama dari pakaian tempur Samurai. Terbuat dari plat besi dan kulit berbeda-beda ukuran, dan terdapat kuiras yang terpasang di bagian dada. Kuiras adalah sejenis bagian dari baju zirah yang dibentuk dari beberapa potongan logam dan bahan keras lainnya.

Kusazuri

Kusazuri berada di bagian bawah Dou. Berguna untuk melindungi area pinggul, kaki dan area selangkangan. Terbuat dari kulit dan besi, Kusazuri tergantung di depan dan bagian belakang Dou.

Sode

Sode adalah semacam plat berukuran cukup besar yang menempel di bagian atas Dou untuk melindungi bahu Samurai.

Kote

Kote adalah bagian yang melindungi lengan terbuat dari lapis baja yang memanjang ke bahu. Terbuat dari kombinasi brokat sutra, pelat logam, yang terjahit di bagian dalamnya. Kote pun tersambung pada bagian sarung tangan yang disebut Tekko, untuk melindungi bagian punggung tangan Samurai.

Kabuto

Kabuto terbuat dari kombinasi plat besi dan kulit, berguna untuk melindungi bagian wajah dan kepala Samurai. Helm ini pun dilengkapi dengan pelindung leher yang disebut dengan Shikoro yang menempel di bagian bawah Kabuto.

Btw, Kabuto menjadi makna simbolis dan terdapat beberapa peribahasa Jepang yang menggunakan kata ini. Sebagai contoh, ada peribahasa berbunyi “Katte Kabuto no wo shimeyo”, yang secara harfiah berarti “Kencangkan tali Kabuto setelah memenangkan perang”. Peribahasa ini bermakna bahwa seseorang tidak boleh lengah dan bersantai-santai setelah memenangkan sesuatu, namun harus tetap awas dan waspada.

Mengu

Bisa dikatakan Mengu adalah bagian paling ikonik di antara bagian pakaian tempur Samurai yang lainnya. Mengu adalah topeng yang dipernis, dikenakan untuk menciutkan nyali lawan. Terbuat dari kulit dan logam, Mengu dirancang sedemikian rupa agar dapat terikat pada bagian penutup kepala yang berat. Desain khas dari Mengu adalah topeng dengan kumis, gigi taring yang tajam dan mata tajam layaknya iblis Oni.

Haidate

Haidate adalah bagian bawah dari set pakaian tempur Samurai. Dipakai di bagian paha untuk melindungi bagian bahwa tubuh Samurai dari serangan musuh. Terbuat dari pelat besi dan kulit.

Suneate

Suneate adalah pelindung tulang kering yang terbuat dari pelat besi yang diikatkan di bagian betis dan tulang kering.

Kogake

Kogake adalah bagian dari pakaian tempur yang melindungi kaki  yang dibuat dengan gaya tabi, alas kaki khas Jepang yang memisahkan jari jempol kaki dengan jari kaki lainnya. Alas kaki ini dipasangkan dengan kaus kaki yang terbuat dari bahan katun linen. Biasanya, Samurai akan mengikatkan Kogake ke dalam Waraji (sandal sehari-hari tradisional Jepang) untuk menambah kenyamanan.

Itulah bagian-bagian pakaian tempur dari Samurai. Oh iya, btw Samurai itu bukan pedang ya, Samurai adalah orang, pedangnya disebut Katana!

Dou pakaian tempur samurai
Dou
kusazyru
Kusazuri
sode
Sode
kote
Kote
Kabuto Pakaian tempur samurai
Kabuto
mengu 1
Mengu
haidate 1
Haidate
suneate
Suneate
Kogake pakaian tempur samurai
Kogake

Leave a Reply

Your email address will not be published.