Uncategorized

Bisnis Jepang: Istilah 5S「ごエス」’Go Es’ Prinsip Kerja orang Jepang

5S atau yang disebut ‘Go Es’ oleh orang Jepang adalah sebuah prinsip yang harus diketahui saat memasuki dunia kerja. Fungsi prinsip ini adalah memudahkan dan menambah efektivitas kerja.

1. 整理 (Seiri)

Memilah barang yang masih berguna dan membuang benda yang tidak berguna atau tidak akan dipakai.

2. 整頓 (Seiton)

Menaruh dan menyusun benda yang sudah dipilah agar mudah dicari. Seperti menaruh benda yang mudah diambil di bagian yang mudah diambil. Bisa juga memberikan label dimana tempat benda tersebut diletakkan misalnya memberi label gunting, pensil, penghapus pada sebuah kotak.

Source: Contoh Seiton

Intinya menaruh benda yang mudah dimengerti oleh bukan hanya kita yang menyusun tapi juga orang lain. Jika orang lain mencari benda tersebut tidak akan kesulitan.

3. 清掃 (Seisou)

Membersihkan tempat bekerja (area yang dipakai) secara berkala. Menetapkan waktu kapan harus dibersihkan.

4. 清潔 (Seiketsu)

Menjaga kebersihan dan keteraturan area (benda) yang sudah ditata dengan rapi. Benda yang dipakai ditaruh lagi ke tempat semula jika kotor segera dibersihkan.

5. 躾 (Shitsuke)

Disiplin untuk menerapkan tata cara yang sudah ditetapkan. Karena melakukan hal yang sama berulang kali ada kemungkinan merasa bosan melakukan itu semua sehingga ‘Shitsuke’ kedisiplinan sangat penting agar 5S (Go Es) ini terus berjalan.

Itulah penjelasan tentang prinsip 5S. Prinsip 5S ini kadang tidak hanya dipakai di dunia kerja tapi juga di kehidupan sehari-hari orang Jepang. Tujuannya supaya lebih teratur dan membuat hidup lebih tenang. Bayangkan aja kalau acak-acakan barang yang ingin dipakai gak ditemukan, perasaan kita tentu jadi gak tenang malah jadi kesel dan marah-marah. Gimana mau coba 5S?

Leave a Reply

Your email address will not be published.