Uncategorized

Bahasa Gaul: Jenis Ketawa「笑う」’Warau’ dalam Chat atau Sosmed

Sama seperti orang Indonesia yang punya bahasa sendiri saat tertawa misalnya “wkwkwk” atau “hehe” atau “haha, orang Jepang pun untuk mengekspresikan tertawa dalam chat atau bahasa tulisan punya cara sendiri mengekspresikannya. Mau tau apa aja? Geser ke bawah ya.

1. (笑)

Tanda tertawa dalam chat yang pertama adalah ditulis dengan kanji ‘warau’ (tertawa) seperti ini (笑). Ini adalah bentuk paling umum yang dipakai semua orang. Jika mengetik「わら」atau ‘wara’ akan muncul pilihan otomatis tanda kurung dengan tertawa (笑) .

2. わら

Bentuk penulisan ini biasanya dipakai untuk menunjukkan kesan imut atau kawaii. Untuk mengetik huruf ini juga lebih mudah. Biasanya dipakai ke orang yang sudah dekat hubungannya. Bisa juga ditulis dalam katakana「ワラ」

3. w

Bentuk tertawa berikutnya menggunakan huruf ‘w’ saja, diambil dari huruf pertama kata ‘warau’.

4. www

‘www’ ini punya arti tertawa terbahak-bahak atau bahasa jepangnya disebut「大爆笑」’daibakushou’. Huruf ‘w’ bisa ditulis lebih banyak tidak terbatas tiga huruf misalnya “wwwwwwwww”.

5. ワロタ

Berasal dari kata kerja ‘warau’ dalam bentuk lampau ‘waratta’. Punya arti membuat tertawa terbahak-bahak. Penggunaannya seperti berikut:

あのニュースまじでワロタ
Ano nyuusu maji de warota.
Berita itu bener-bener lucu.

6. 草

Kanji ini dibaca ‘kusa’ yang artinya rumput. Kok bisa rumput jadi artinya tertawa? Coba perhatiin deh huruf ‘w’ yang ditulis banyak. Mirip rumput kan? Jadi kalau mau bilang tertawa terbahak-bahak cukup ketik kanji rumput 「草」

6. ケケケ

Huruf ‘ke’ katakana ini memiliki arti tertawa. Cara tertawa ini mulai ramai digunakan tahun 2018.

Banyak sekali jenis tertawa yang dipakai tapi yang paling umum dan aman dipakai adalah (笑).

Leave a Reply

Your email address will not be published.