Culture

Aturan Membuang Sampah di Jepang

ゴミ種類がわかる (gomi shurui ga wakaru)

Paham jenis-jenis sampah sesuai aturan di Jepang. Pada umumnya di Jepang sampah terbagi menjadi empat yaitu,

  1. 燃えるゴミ (moeru gomi) sampah terbakar yaitu, 紙ゴミ (kami gomi) sampah kertas、生ゴミ (nama gomi) sampah mentah、衣類 (irui) kain dan pakaian、紙おむつ (kami omutsu) popok kertas、食用油 (shokuyouyu) minyak goreng、最長辺が50cm未満のプラスチック製品など (saichouhen ga 50cm miman no purasuchikku seihin nado) semua sampah termasuk plastik yang ukuran panjangnya kurang dari 50cm.
  2. ・燃えないゴミ (moenai gomi) sampah tidak terbakar yaitu,プラスチック容器包装 (purasuchikku youki housou) bungkus plastik、ガラス (garasu) kaca、陶器 (sueki) keramik、LED電球 (denkyuu) lampu LED、フライパン (furaipan) frypan、ライター (raitaa) korek gas
  3. ・資源ゴミ (shigen gomi) sampah daur ulang yaitu, ビン (bin) botol kaca、カン (kan) kaleng、ペットボトル (pettobotoru) 、雑誌 (zasshi) majalah、新聞 (shinbun) koran、段ボール (danbooru) kardus
  4. ・粗大ゴミ (soudai gomi) sampah besar, yaitu 家具 (kagu) perabotan rumah、家電 (kaden) perabotan elektronik、自転車 (jitensha) sepeda

ゴミを分別する (gomi wo bunbetsu suru)

Memilah dan membuang sampah dengan tepat. Terutama sampah-sampai yang bisa di daur ulang. Jika tercampur dengan sampah yang bisa dibakar nanti tidak bisa didaur ulang. Termasuk juga sampah kertas dan pakaian, bisa didaur ulang jika tidak tercampur dengan sampah yang bisa dibakar.

Sampah yang sudah dipilah dimasukkan ke dalam kantong plastik transparan atau 透明袋 (toumeibukuro) atau setengah transparan atau 半透明袋 (hantoumeibukuro)

収集日を守る (shuushuubi o mamoru)

Mematuhi hari membuang sampah. Bagi yang tinggal di Jepang saat ingin membuang sampah tidak bisa membuang kapanpun sesuka kita. Ada jadwal tertentu untuk membuang sampah sesuai jenisnya. Kalau tidak mematuhi aturan nanti akan dianggap mengganggu.

決められた収集所へ出す (kimerareta shuushuusho e dasu)

Membuang sampah pada tempat yang sudah ditentukan. Di setiap apartemen di Jepang biasanya sudah ada tempat khusus untuk membuang sampah baik sampah kecil maupun sampah besar. Taruhlah sampah di tempat seharusnya agar memberi kenyamanan pada lingkungan sekitar. Jika tidak tahu dimana sebaiknya membuang sampah silakan bertanya tapi, biasanya selalu ada poster untuk memberi tahu di mana tempat membuang sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.