Culture,  Kuliner

9 Makanan Jepang Yang Baik Untuk Kesehatan

Jepang adalah salah satu negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia. Salah satu faktor yang menyebabkan orang-orang Jepang bisa panjang usia adalah makanan sehat yang biasa mereka konsumsi sehari-hari.

Meja makan mereka terbiasa menghidangkan sayuran kaya protein, ikan segar, teh, dan yang lainnya. Yuk, kita ulas apa aja sih makanan sehat yang biasa orang Jepang santap.

Matcha

Matcha atau teh hijau bubuk dari Jepang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Matcha mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Juga, karena mengandung kadar kafein alami yang cukup tinggi, maka Matcha adalah adalah pilihan yang ideal sebagai pengganti kopi pagi.

matcha makanan sehat jepang greet tea

Secangkir Matcha memiliki kandungan katekin yang bermanfaat sebagai anti-oksidan, mencegah kerusakan sel sekaligus menangkal virus. Mengonsumsi Matcha secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan liver, lho.

Bahkan kandungan theanine dalam Matcha dapat membuat tubuh semakin rileks yang berpengaruh pada peningkatan kesehatan mental.

Tapi eh tapii, matcha dalam beberapa makanan seperti es krim misalnya, ya gak bisa dibilang sebagai makanan sehat juga sihh…hehehe.

Tsukemono

Tsukemono itu semacam acar. Banyak ditemukan di meja-meja restoran di Jepang. Misalnya di restoran sushi, seringnya sih acar jahe yang siap menemani sushi sebagai pelengkap hidangan. Acar jahe ini juga makanan yang baik untuk tubuh karena dapat membersihkan usus.

tsukemono makanan sehat jepang acar

Siapa sangka, Tsukemono sudah sejak berabad-abad lampau digunakan sebagai jalan keluar ketika ada masalah di pencernaan. Contohnya, Umeboshi (acar plum) yang digunakan sebagai obat sembelit karena mengandung asam sitrat.

Beberapa penelitian menyebutkan juga, bahwa Tsukemono yang memiliki kandungan potasium baik dapat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah supaya terus stabil, dan dapat menjaga kekebalan tubuh.

Manfaatnya banyak juga ya dari acar yang kecil-kecil dan kadang dipandang sebelah mata ini. Hikmahnya jangan meremehkan hal-hal kecil kali ya…

Daikon

Nah, kalau ini makanan Jepang yang nyaris tanpa kalori. Daikon adalah lobak Jepang yang banyak memiliki kandungan air. Cocok banget buat kamu yang ingin menurunkan berat badan nih.

daikon lobak jepang makanan sehat

Daikon juga kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mengandung folat, yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu Daikon sangat amat disarankan untuk dikonsumsi oleh para ibu pada masa awal kehamilan.

Daikon dapat dinikmati dengan memakannya mentah-mentah atau dipotong dadu sebagai pelengkap dalam hidangan kari. Yumm…

Miso

Makanan berbahan dasar kedelai telah melahirkan banyak makanan sehat, tidak terkecuali Miso. Karena proses fermentasi, Miso mengandung banyak bakteri baik yang berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menjaga ketahanan tubuh dari serangan penyakit.

miso tofu makanan jepang

Selain itu, Miso memiliki manfaat yang sama seperti Amazake (sake berbahan beras yang difermentasi), yaitu baik untuk kesehatan usus.

Natto

Lagi-lagi makanan sehat Jepang dari kedelai yang difermentasi. Natto, suka atau tidak suka, kita tidak bisa menyangkal bahwa makanan lengket ini kaya akan manfaat untuk tubuh.

natto kedelai makanan jepang sehat

Natto, yang dikenal sebagai sarapan klasik di Jepang tercipta dari proses fermentasi kedelai yang mengandung probiotik. Berkat probiotik ini, Natto bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, memperkuat tulang, mengontrol tekanan darah dan melancarkan pencernaan.

Tofu

Tofu atau Tahu juga terbuat dari kedelai yang kerap dihidangkan bersama Miso. Tofu diolah dari kedelai rebus yang dihancurkan, kemudian dadih yang dihasilkan sarat akan kandungan asam amino esensial dan protein. Pilihan yang sangat tepat untuk menu makan para vegan.

tahu jepang tofu

Dengan mengonsumsi Tofu dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Karena kandungan estrogennya tinggi, maka sangat baik pula untuk dikonsumsi oleh para wanita yang memiliki masalah hormonal.

Soba

Soba kaya akan protein, vitamin dan mineral. Alih-alih mengonsumsi karbohidrat yang membuat tubuh lesu, justru Soba menghasilkan aliran energi yang lebih stabil.

soba mie jepang

Senyawa dalam kandungan Soba yang terbuat dari tepung tanaman Soba, dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Soba merupakan alternatif yang ideal dibandingkan mengonsumsi mie berbahan dasar tepung yang sarat akan karbohidrat berat.

Yuzu

Yuzu adalah buah jeruk dari Asia yang merupakan kombinasi dari limau, nipis, dan jeruk biasa. Kaya dengan vitamin A dan C, Yuzu bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, kesehatan otak, dan mengurangi proses penuaan kulit.

yuzu jeruk jepang buah

Khasiat Yuzu lainnya bukan hanya buahnya saja, namun juga dari aromanya. Suatu penelitian mengatakan bahwa aroma Yuzu dapat mengurangi kecemasan dan stres. Ketika musim dingin di Jepang, Yuzu terkadang direndam dalam air mandi untuk melindungi tubuh dari serangan flu.

Zakkoku Mai

Jepang adalah salah satu negara dengan konsumsi beras yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, nasi putih tidak begitu menyehatkan untuk tubuh. Di Jepang ada Zakkoku Mai, yaitu nasi yang dicampur dengan kacang-kacangan atau biji-bijian.

Zakkoku Mai memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengurangi berat badan.

zakkoku mai nasi jepang sehat

Itulah ulasan sembilan makanan sehat di Jepang dari Pandai Kotoba. Kamu pernah mencoba semuanya? Atau kamu punya rekomendasi makanan sehat lainnya? Tambahin aja di kolom komentar ya!


Referensi: Gaijinpot

Leave a Reply

Your email address will not be published.